Manfaat Yoga Buat Kesehatan Jangka Panjang

Tujuan ditemukannya olahraga yoga adalah untuk  memberikan peningkatan pada kekuatan, keseimbangan tubuh dan kedamaian pada alam pikiran bawah sadar Anda. Meskipun olahraga yoga sudah ada semenjak ribuan tahun silam. Manfaat yoga sampai sekarang masih bisa kita rasakan khasiatnya.  Ada lebih dari 100 gaya yang berbeda dari gerakan olahraga yoga yang bisa Anda coba dan praktekan dari buku maupun video tutorial.

Kebanyakan sesi yoga biasanya meliputi latihan pernapasan, meditasi, dan dengan asumsi postur (kadang-kadang disebut asana atau pose) peregangan itu dan berbagai kelompok otot fleksibel. Berikut manfaat yoga buat kesehatan jangka panjang.

A.Manfaat Fisik:

Teknik-teknik relaksasi yang tergabung dalam  gerakan olahraga yoga, dapat mengurangi nyeri kronis, seperti nyeri punggung , arthritis, sakit kepala dan carpal tunnel syndrome. Juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi insomnia Anda.

manfaat fisik lain dari yoga termasuk:

   peningkatan fleksibilitas

   Peningkatan kekuatan otot dan nada

   respirasi membaik, energi dan vitalitas

   Menjaga metabolisme yang seimbang

Baca juga: Tips Memilih Celana Yoga yang Nyaman untuk Temani Olahraga Anda

   Penurunan berat badan

   Cardio dan kesehatan peredaran darah

   Peningkatan kinerja atletik

   Perlindungan dari cedera

B.Manfaat Mental:

Selain manfaat fisik, salah satu manfaat yoga adalah bagaimana membantu seseorang mengatasi stres, yang dikenal memiliki efek buruk pada tubuh dan pikiran. Stres dapat mengungkapkan dirinya dalam berbagai cara, termasuk pusing atau sakit leher, masalah tidur, sakit kepala, penyalahgunaan narkoba, dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

Olahraga Yoga adalah salah satu alternative yang dapat sangat efektif dalam mengembangkan keterampilan pola pikir dan mencapai pandangan yang lebih positif terhadap kehidupan Anda di masa depan. Penggabungan meditasi dan pernapasan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental seseorang. Latihan olahraga Yoga  secara teratur menciptakan kejernihan mental dan ketenangan; meningkatkan kesadaran tubuh; mengurangi pola stres kronis; menenangkan pikiran;

Meningkatkan fleksibilitas Anda

Peningkatan fleksibilitas adalah salah satu manfaat pertama dan paling jelas dari latihan olahraga ini. Selama kelas pertama, Anda mungkin tidak akan dapat menyentuh jari kaki Anda, apalagi melakukan backbend . Tapi jika Anda tetap dengan itu, Anda akan melihat melonggarkan bertahap, dan akhirnya, tampaknya pose mungkin akan menjadi sangat mungkin. Anda juga mungkin akan melihat bahwa sakit dan nyeri mulai menghilang. Itu kebetulan. pinggul ketat dapat saring sendi lutut karena keselarasan yang tidak tepat dari paha. paha belakang ketat dapat menyebabkan mendatarkan tulang belakang lumbar, yang dapat menyebabkan sakit punggung. Dan kaku pada otot dan jaringan ikat, seperti fasia dan ligamen, dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk.

Membangun kekuatan otot

Otot yang kuat akan melakukan gerakan yang lebih  terlihat baik. Otot juga melindungi kita dari kondisi seperti arthritis dan nyeri punggung, dan membantu mencegah osteoporosis pada orang tua. Dan ketika Anda membangun kekuatan melalui yoga, Anda menyeimbangkannya dengan fleksibilitas. Jika Anda hanya pergi ke gym dan mengangkat beban, Anda mungkin membangun kekuatan dengan mengorbankan fleksibilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *