Manfaat Senam Aerobik Bagi Tubuh

Senam aerobik sangat populer pada akhir tahun 1970-an. bahkan hingga kini pun, penikmatnya terus bertambah. Tidak hanya kalangan wanita dewasa saja, anak-anak muda usia sekolah pun mulai mengikuti komunitas-komunitas senam ini.

Senam aerobik adalah berbagai kumpulan gerakan yang dipadu dengan irama musik dengan durasi dan irama tertentu. Tujuan utama senam ini adalah melatih fisik untuk meningkatkan pemasukan oksigen dalam tubuh agar lebih efisien.

Manfaat Senam Aerobik Bagi Tubuh

Berikut adalah manfaat senam aerobik secara lebih jelas :

  • Meningkatkan

Senam ini dapat membantu meningkatkan stamina dalam beraktivitas dan juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila sering mengalami masalah tubuh gampang lesu dan mengantuk, ada baiknya mengikuti senam ini agar tubuh kembali bugar.

  • Daya Kerja Jantung dan Paru

Detak jantung dapat meningkat apabila otot menanggung beban berlebih. Begitu pun dengan frekuensi pernapasan. Oleh karena itu, dengan latihan fisik secara berkala melalui senam, diharapkan dapat memperbaiki daya kerja jantung dan meningkatkannya hingga batas yang dibutuhkan.

  • Menguatkan Otot

Selain jantung dan paru, otot juga harus dilatih untuk mendapat beban lebih (overload system). Agar otot dapat kuat dan bekerja maksimal untuk tubuh, maka otot bisa dilatih. Caranya lakukan penguatan pada intensitas tinggi namun berdurasi singkat agar dapat menggunakan tenaga maksimal untuk gerakan berulang-ulang. Selain itu, untuk menguatkan otot juga perlu pelatihan dalam variasi beban dan intensitas yang juga beragam.

  • Mencegah Penyakit

Senam aerobik merupakan serangkaian olahraga yang dapat membantu menjaga tubu dari resiko terkena penyakit mematikan seperti kolesterol, stroke, hingga kanker.

  • Menguatkan Sendi

Apabila sendi bergerak dengan lentuk, maka dengan latihan aerobik diharapkan dapat membantu melakukan peregangan pada sendi dan membantu sirkulasi darah.

  • Membuat Umur Panjang

Hal ini sudah didasarkan pada penelitian. Berdasar hasil penelitian oleh Harvard University dan juga diterbitkan oleh New England Journal of Medicine pada tahun 1986, dikatakan bahwa ada hubungan ilmiah antara olahraga dan umur panjang.

  • Mengurangi Stres

Banyak yang tidak tahu, jika senam yang dilakukan setelah bekerja seharian bukan malah menambah letih melainkan akan memberikan efek tenang dan mengurangi stres. Hal ini karena hormon endorfin meningkat hingga mood pun juga ikut meningkat.

  • Mengubah Komposisi Tubuh

Dengan senam ini, komposisi tubuh juga dapat berubah. Hal ini sangat penting karena senam dapat membuang komposisi-komposisi yang tidak penting dan menjaga tubuh dari kegemukan. Efeknya pun akan membentuk otot pesenam itu sendiri.

Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

  • Mencegah Insomnia

Insomnia atau penyakit dimana kita merasa sangat sulit untuk tidur pulas di malam hari memang dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun mencegah dan mengobatinya dapat dengan mudah dilakukan melalui senam. Senam akan membuang semua stres dan penyakit hingga tidur pun akan lebih nyenyak.

Demikianlah manfaat dari senam aerobik yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>