Manfaat Olahraga Zumba untuk Kesehatan

Zumba merupakan salah satu jenis senam yang banyak dilakukan oleh masyarakat, gerakannya yang serupa dengan dance atau tarian membuat masyarakat, khususnya para wanita yang tertarik untuk latihan olahraga zumba ini. Apalagi jika olahraga ini ternyata memiliki banyak manfaat sehingga yang mengikutinya pun semakin banyak. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan zumba secara terartur adalah sebagai berikut:

Membantu Kesuksesan Program Diet

Bagi yang sedang menjalani diet, tak ada salahnya untuk mencoba Zumba. Gerakan olahraga ini yang mampu untuk menggerakkan semua anggota tubuh tentunya akan membuat kalori dan lemak dalam tubuh semakin banyak yang terbakar, sehingga olahraga ini sangatlah cocok dilakukan paa masa diet. Patut diketahui bahwa dengan melakukan zumba, dalam waktu 1 minggu mampu menurunkan berat badan hingga 1 kg, hal ini karena dalam setiap latihannya, zumba bisa mengurangi kalori sebanyak 600 hingga 1000 kalori, sehingga jika dilakukan secara terus menerus, dalam seminggu saja bisa memangkas berat badan hingga 1 kg.

Mengencangkan Otot

Ketika melakukan  olahraga Zumba, maka seluruh anggota tubuh akan bergerak, dari badan, tangan, kaki, pinggang, pinggul, dan semuanya. Sehingga otot dalam tubuh juga akan lebih terlatih serta kencang dan tidak mudah kendur. Otot kendur ini biasanya dialami oleh tubuh yang jarang olahraga. Oleh karena itu olahraga sangatlah penting untuk dilakukan, salah satunya adalah dengan zumba.

Melancarkan Pernapasan

Bagi yang memiliki pernapasan  yang kurang lancar atau kurang kuat, maka bisa melakukan aktivitas zumba. Gerakan zumba yang intens ternyata bisa membantu tubuh untuk melatih tarikan nafas sehingga lebih kuat, sehingga gerakan zumba ini cocok dilakukan mereka yang gemar bernyanyi atau memiliki profesi sebagai penyanyi.

Baca Juga : MANFAAT MELAKUKAN OLAHRAGA YOGA

Menyegarkan Pikiran

Zumba memang identik dengan dancing atau tarian, dan gerakan tarian ini akan membuat pikiran lebih rileks serta lebih fresh. Selain itu, dengan aktivitas menari juga bisa membuat nafas lebih teratur serta aliran darah lebih lancar, sehingga tubuh akan terasa lebih fresh serta tenang.

Awet Muda

Setiap gerakan zumba yang dilakukan, mampu membuat otot bergerak, sehingga hal ini dapat merangsang munculnya hormon endorfin dalam tubuh yang memiliki manfaat untuk membuat diri lebih bahagia.  Zat antioksidan dalam tubuh juga akan bertambah dan secara tak langsung, zumba mampu membuat tubuh menjadi awet muda.

Gerakan zumba yang banyak ini ternyata juga bisa menimbulkan rasa lapar pada tubuh, sehingga keinginan untuk menyantap banyak makanan setelah melakukan zumba tidak tertahankan. Untuk mengatasinya, bisa dengan mengkonsumsi buah setelah zumba apabila memang merasa lapar, hal ini tentunya tak akan membuat tubuh menjadi gemuk, dan tubuh akan tetap sehat.   

Itulah manfaat olahraga zumba yang bisa diambil apabila dilakukan secara rutin. Menjadi langsing dan awet muda tak perlu menggunakan obat-obatan berbahaya, cukup melakukan zumba dengan teratur, maka tubuh akan menjadi langsing dan awet muda.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>