Manfaat Olahraga Renang Untuk Kesehatan

Manfaat olahraga — Apakah Anda penasaran dengan manfaat kesehatan renang? Seperti yang mungkin Anda sadari, berenang memiliki reputasi olahraga yang menyehatkan sebagai salah satu olahraga terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Artikel ini akan menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi dan mencakup manfaat utama yang bisa dinikmati seseorang dengan melakukan jadwal olahraga berenang Berenang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk orang-orang dari segala umur dan dari segala kalangan

Baca juga: Tiga Manfaat Sepakbola Buat Anak-Anak

Berenang mengharuskan Anda melibatkan semua anggota tubuh Anda. Sebagai konsekuensinya, semua otot di tubuh Anda dimobilisasi selama latihan berenang yang khas.

Efek ini bahkan bisa ditambah dengan mengganti gaya renang yang digunakan selama latihan karena setiap gaya berenang memungkinkan Anda menggerakkan anggota badan Anda dengan cara yang berbeda. Dan karena berenang memobilisasi anggota tubuh Anda di berbagai gerakan, gerakan ini meningkatkan fleksibilitas sendi.

Manfaat olahraga berenang tidak berhenti sampai disitu. Berenang adalah olahraga ketahanan, dan sebagai latihan kardiovaskular yang sangat baik. Latihan berenang mengurangi tekanan darah Anda, memperkuat jantung dan meningkatkan kapasitas aerobik Anda.

Saat Anda berenang, tubuh Anda didukung oleh air. Air memiliki kerapatan jauh lebih besar daripada udara, dan ini membatasi kecepatan di mana Anda bisa bergerak ke dalam air. Faktor-faktor ini membuat berenang salah satu latihan dampak rendah terbaik daripada yang bisa dipraktekkan saat bentuk latihan lainnya tidak memungkinkan:

   Berenang dapat dipraktekkan dengan aman oleh orang lanjut usia.

   Berenang bisa dipraktekkan selama kehamilan.

   Berenang bisa dipraktekkan sebagai latihan alternatif bagi atlet yang cedera.

   Berennag bisa dipraktekkan oleh orang yang kelebihan berat badan.

Seiring resistansi air meningkat dengan kecepatan, setiap perenang dapat dengan mudah mengukur intensitas di mana ia ingin berolahraga.

Berenang juga merupakan alternatif yang sangat baik untuk latihan di lahan kering. Misalnya, bisa dipraktekkan di musim panas saat di luar terlalu panas untuk berolahraga. Ini juga bisa menjadi alternatif selamat datang bagi pelari yang bosan atau terluka.

Ada manfaat olahraga lainnya dari berenang. Sebagai olahraga ketahanan, berenang memungkinkan Anda kehilangan atau mengendalikan berat badan Anda. Bisa membakar sekitar kalori berat badan Anda. Sangat efektif untuk pengendalian berat badan, Anda harus berenang setidaknya dua atau tiga kali seminggu setidaknya setengah jam.

Namun, pastikan Anda berenang terus di kolam renang. Menghentikan setiap lima menit untuk mengobrol dengan teman renang Anda. Jika Anda kelebihan berat badan, berenang adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan karena Anda akan bisa bekerja dengan aman tanpa terlalu banyak menekankan sendi Anda. Latihan berenang mengurangi tekanan darah Anda, memperkuat jantung dan meningkatkan kapasitas aerobik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>