Manfaat Olahraga Outdoor untuk Kesehatan

Arus globalisasi membuat masyarakat lebih peduli akan kesehatan. Ya, semua hal yang modern dan mempermudah aktivitas memang menjadikan hidup tak sehat seperti dahulu lagi. Dahulu tak seperti sekarang, dulu semuanya serba bergantung pada alam. Namun, sekarang semuanya serba instant. Mulai dari makanan dan gaya hidup. Ya, gaya hidup yang lebih menyukai cara cepat di banding cara sehat. Olahraga outdoor juga merupakan salah satu bagian gaya hidup.

Tapi, banyak sekali umat manusia yang sadar akan dampak dari cara instant terhadap gaya hidup. untuk itu, mereka mulai mengganti cara hidup itu menjadi gaya hidup yang lebih sehat. Lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Juga menjadikan olahraga sebagai aktivitas mereka sehari-hari. Olahraga tak hanya dijadikan kebutuhan, namun dapat dijadikan sebagai hobi.

Olahraga yang rutin dilakukan memang memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan, penurunan berat badan dan juga pembentukan otot dalam tubuh. Sehingga dari olahraga tersebut diperoleh lah hasil tubuh yang ideal. Selain bermanfaat bagi tubuh. Ternyata olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Salah satu olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan mental adalah kegiatan di luar ruangan.

Ya, olahraga outdoor ini menjadikan kita kembali juga kepada alam. Berikut ini adalah manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan olahraga di luar ruangan adalah sebagai berikut:

  1. Menghindari stres dan baik untuk pikiran, Penisula College of Medicine and Dentistry telah menganalisis lebih dari 800 orang dewasa yang akhirnya mendapatkan hasil bahwa olahraga pada luar ruangan dapat meningkatkan energi dan juga revitalisasi. Selain itu olahraga ini dapat mengurangi dan menurunkan kemarahan, ketegangan depresi. Terbukti bahwa olahraga luar ruangan lebih menikmati suasana alam.
  2. Meningkatkan kepercayaan diri, Olahraga alam dengan pemandangan pepohonan dan mungkin beberapa hewan yang dapat memanjakan mata Anda. berbeda dengan gym yang berisi dengan orang-orang yang mungkin lebih hebat atau sering memperhatikan diri Anda, tentu saja akan membuat Anda minder dan kurang percaya diri.
  3. Menikmati sinar matahari langsung, Mungkin aktivitas sehari-hari Anda selalu berada dalam ruangan ber-AC yang membuat kulit Anda kering. Tapi dengan berolahraga di luar ruangan, Anda dapat menikmati kandungan vitamin D3 yang di peroleh dari sinar matahari. Tentu saja ini akan bermanfaat untuk kesehatan tulang dan juga kulit Anda. Pancaran sinar matahari juga akan membuat Anda tidur nyenyak ketika malamnya, sehingga kekebalan tubuh anda dapat meningkat karena kualitas tidur yang baik.
  4. Lebih murah, Olahraga di luar ruangan membuat Anda dapat menghemat pengeluaran. Tak perlu mahal-mahal mengeluarkan uang ratusan ribu untuk membayar gym. Anda cukup berlari keliling di halaman rumah secara gratis sambil menikmati cahaya matahari pagi yang menghangatkan tubuh. Atau dapat juga jogging di sekitar area komplek perumahan, tentu saja akan menghemat uang Anda bukan?

Baca Juga : MACAM-MACAM OLAHRAGA INDOOR YANG BERMANFAAT

Olahraga outdoor ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh. Tubuh sehat dapat Anda peroleh, tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak. Selain itu Anda juga dapat kembali atau flashback ke zaman kecil dulu dimana semua bergantung pada alam dan semua kembali ke pada alam.

Selain itu, pola makanan juga sangat mendukung untuk memperoleh tubuh Anda yang sehat. Selain melakukan olahraga, Anda juga harus mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi tinggi. Ingat hidup sehat merupakan kebutuhan bukanlah sebagai suatu paksaan yang diwajibkan. Untuk itu, mulailah hidup sehat mulai dari sekarang dan harus juga diingat kesehatan buka dari fisik saja, namun kesehatan mental jugalah penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>