Manfaat Olahraga Fitness Bagi Kesehatan Tubuh

Tubuh yang sehat tentu didambakan setiap orang. Rutin berolahraga dapat menjaga tubuh seseorang tetap prima. Olahraga ringan yang rutin seperti olahraga fitness sangat dianjurkan bagi setiap orang yang menginginkan kesehatan pada raganya. Fitness tidak melulu tentang pembentukan badan. Anggapan ini memang tidak sepenunya salah. Namun ada banyak manfaat yang di dapat dari fitness, selain paradigma pembentukan badan tersebut.  Berikut adalah beberapa manfaat olahraga fitness yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anda.

  • Pembakar Lemak

Pada dasarnya olahraga apa pun dapat membakar lemak tubuh anda. Tak terkecuali Fitness. Berlatihlah secara rutin, setidaknya tiga kali dalam seminggu. Bila lemak anda ‘luntur’, maka secara otomatis badan anda akan terbentuk dengan baik.

  • Kebugaran Tubuh

Fitness yang dilakukan secara rutin akan menjaga kebugaran tubuh anda. Bila tubuh anda bugar, maka dalam menjalankan aktifitas sehari-hari pun akan jauh dari lesu dan lemas. Anda juga tidak akan mudah mengantuk.

Baca Juga : MANFAAT OLAHRAGA SEHAT JALAN KAKI

  • Detoksifikasi

Pada dasarnya tubuh mempunyai cara alami dalam proses pengeluaran racun. Yaitu melalui, urin, keringat dan juga nafas. Fitness yang dilakukan secara rutin dapat menjaga kinerja tubuh dalam melakukan detofsifikasi.

  • Mengurangi Resiko Penyakit

Ada banyak ancaman penyakit untuk tubuh yang tidak fit. Fitness rutin dapat menyehatkan kinerja jantung dalam mengatur sirkulasi darah. Juga dapat menjaga kestabilan gula darah. Dengan dua hal ini, anda sudah mengantongi tiket jauh dari resiko stroke dan diabetes.

  • Mengurangi Stress

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Ungkapan ini memang benar adanya. Tubuh yang sehat akan menjaga kita dari resiko stress berlebih yang bisa datang kapan saja dalam rutinitas kita sehar-hari. Berolahraga memungkinkan otot-otot dan persendian mengalami peregangan, membuat otak dan tubuh terasa lebih segar. Karena saat berlatih, tubuh memproduksi hormon endorfin yang dapat memberikan perasaan bahagia.

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Olahraga Fitness yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 10%. Jadi anda tidak perlu khawatir makan makanan berkalori tanpa takut gemuk. Kuncinya anda harus menjaga ritme olahraga anda.

  • Jauh dari Pikun

Sudah barang tentu olahraga yang dilakukan secara rutin dapat menjaga pikiran tetap bugar. Bukan hanya tubuh saja lho yang terkena dampak baik dari olahraga. Perhatikanlah orang-orangtua yang di usia tuanya tetap terlihat bugar fisik dan ingatannya. Kebanyakan dari mereka telah berolahraga rutin sejak usia muda.

  • Pernafasan Prima

Rutin fitness akan membuat pernafasan anda prima. Olahraga fitness merupakan salah satu upaya untuk melatih pernafasan yang banyak dianjurkan oleh para pelatih perofesional. Nah mulailah fitness dari sekarang, karena begitu banyak manfaat yang didapat dari olahraga satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *