Manfaat Olahraga Ekstrim Arung Jeram untuk Kesehatan

Apakah Anda pernah mencoba arung jeram? Arung jeram sendiri merupakan salah satu olahraga ekstrim. Walaupun arung jeram ini termasuk olahraga yang menyeramkan atau ekstrim, namun olahraga ini bisa dilakukan oleh semua orang. Media dari arung jeram sendiri adalah sungai yang mempunyai debit khusus dan gelombang. Indonesia memiliki beberapa daerah yang biasanya digunakan untuk arung jeram seperti Magelang, Batu Malang dan beberapa daerah yang lainnya. Banyak orang yang ingin mencoba arung jeram, namun mereka masih ragu apa sajakah manfaat yang akan di dapatkan setelah mereka mencoba olahraga ini.

 Ada beberapa manfaat arung jeram untuk kesehatan tubuh kita. Pertama, sebagai pelatih kekuatan otot tubuh. Peserta arung jeram memang terlihat hanya duduk dan bersantai di perahu, setelah duduk di perahu, mereka tinggal bergerak sesuai dengan gelombang dan kemudian menggerakkan perahu. Padahal, bukan hanya itu saja kegiatan yang dilakukan oleh peserta arung jeram. Olahraga arung jeram membuat tubuh menjadi terlatih, selain itu ketika air tidak banyak menggerakkan perahu, perahu harus digerakkan dengan menggunakan dayung. Jika melakukannya secara terus menerus, nantinya otot tubuh menjadi lebih terlihat.

 Manfaat olahraga ekstrim arung jeram yang kedua adalah memperkuat otot jantung. Arung jeram ini memerlukan tenaga ekstra untuk tubuh kita. Ada berbagai macam jenis gerakan contohnya seperti gerakan dayung. Gerakan ini dapat memperkuat otot dada dan lengan. Di dalam kegiatan arung jeram, seringnya ada rasa khawatir dan takut. Perasaan ini dapat membuat jantung bekerja dengan lebih cepat. untuk orang yang mempunyai ketakutan, jantung mereka akan berpacu lebih cepat. Kekuatan otot tubuh dapat mengalirkan oksigen ke pembuluh darah menuju ke jantung dengan lebih cepat. Hal ini yang membuat arung jeram baik untuk melatih jantung.

Baca Juga : 10 MANFAAT OLAHRAGA OUTDOOR

 Ketiga, membantu membakar kalori di tubuh. Apakah Anda sekarang ini sedang gemar melakukan diet agar bisa menurunkan berat badan? Jika sedang melakukan diet, Anda dapat mencoba arung jeram. Saat jenuh dengan berbagai program diet yang sedang Anda jalani, Anda bisa mencoba diet dengan olahraga yang lebih berbeda. Pada arung jeram, gerakan mendayung ini sangat diperlukan ketika perahu ada di debit air yang stabil, padahal perahu juga memerlukan gerakan yang kuat agar dapat mempertahankan perahu ketika berada di debit air yang kencang. Bila gerakan mendayung dilakukan secara terus menerus, metabolisme tubuh dapat membakar kalori dengan lebih cepat sehingga akan membantu program diet Anda.

 Keempat, dapat membersihkan paru-paru. Biasanya, lingkungan untuk melakukan olahraga arung jeram adalah lingkungan yang masih bersih dan asri. Jika Anda terbiasa menghirup polusi perkotaan, maka paru-paru kemungkinan besar kurang bersih, dengan menghirup udara segar yang berada di tempat arung jeram, nantinya kondisi kesehatan dan paru-paru Anda pun juga menjadi lebih stabil.

 Manfaat olahraga ekstrim arung jeram yang terakhir ialah dapat menghilangkan stress. sebagai seorang pekerja, kehidupan kota dan tekanan pekerjaan akan menyebabkan kenaikan tingkat stress yang sangat tinggi. Padahal, rasa stress yang kita miliki jika dibiarkan secara terus menerus akan mempengaruhi kesehatan tubuh. sebagai penghilang stress, Anda dapat mencoba arung jeram. arung jeram ini menjadi pilihan yang sangat menyenangkan, udara yang menyejukkan ditambah dengan kehangatan di siang hari, pasti akan mendatangkan kebahagiaan tersendiri saat arung jeram pun Anda juga akan bertemu dengan teman-teman sehingga mengurangi tingkat stress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>