Manfaat Melakukan Olahraga Yoga

Yoga merupakan olahraga yang memadukan antara gerakan tubuh dan konsentrasi pikiran. Yoga yang dilakukan secara tepat dan teratur akan berdampak pada keseimbangan jiwa dan pikiran, sehingga hati merasa lebih tenang dan diri kita bisa lebih fokus dalam menghadapi setiap persoalan. Gerakan-gerakan yoga merupakan warisan dari ribuan tahun yang lalu dalam rangka menyelaraskan diri dengan alam, sehingga jiwa hidup kita lebih tenteram senafas dengan gerakan alam. Terdapat banyak sekali manfaat yoga bagi kehidupan, baik manfaat secara praktis maupun secara teoritis. Berikui ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat melakukan olahraga yoga.

Untuk Relaksasi

Yoga merupakan olahraga yang gerakan-gerakannya tidak memberatkan pelakunya. Bentuk gerakan dalam olahraga yoga umumnya adalah gerakan ringan dan perlahan-lahan, tidak menuntut gerakan otot yang berlebihan dan tidak memberikan beban kepada tubuh. Gerakan yoga yang perlahan-lahan akan membuat tubuh terasa lebih rileks. Dalam melakukan yoga, disarankan untuk mendengarkan musik yang menenangkan atau suara latar yang indentik dengan suara-suara alam, seperti suara gemericik air dan suara embusan angin. Suara-suara tenang dan indah yang mengiringi yoga itu juga bermanfaat sebagai relaksasi sehingga tubuh lebih tenang, dan jiwa lebih damai. Gerakan yoga juga bisa mencegah dan mengurangi stress, sehingga kita lebih santai dan tenang dalam menghadapi hidup.

Menambah Kekuatan Tubuh

Beberapa gerakan yoga mengajarkan kita untuk mengenali setiap bagian tubuh kita masing-masing, sehingga kita lebih bisa mengendalikan setiap anggota tubuh. Misalnya, dalam yoga kita diajarkan untuk menopang atau mendukung gerakan tubuh sendiri, seperti berdiri dengan satu kaki agar terbiasa seimbang, atau menopang tubuh dengan satu tangan. Hal tersebut akan membuat tubuh kita lebih kuat, dan kita akan bisa mengenali setiap masing-masing anggota tubuh kita sendiri. Beberapa pose dan latihan yoga yang mengharuskan perpindahan satu posisi ke posisi lainnya juga melatih kekuatan tubuh kita dalam menopang beban.

Mencegah Terjadinya Nyeri atau Cedera Ringan

Gerakan-gerakan tubuh yang meningkatkan fleksibilitas membuat tubuh lebih siap dalam melakukan setiap gerakan. Gerakan yoga yang membantu peregangan tubuh akan membuat tubuh lebih luntur, terutama bagian punggung, bahu, dan pinggul. Gerakan-gerakan yoga akan membantu melemaskan tulang dan otot yang kaku karena terlalu lama dan lelah bekerja. Dengan demikian, melakukan yoga secara teratur akan mencegah terjadinya nyeri dan cedera ringan.

Yoga juga dapat membantu memperlancar pernafasan. Dalam yoga, kita diajarkan untuk menarik nafas dan menghembuskannya kembali. Latihan pernafasan dalam yoga dapat membantu menenangkan sistem saraf pusat, sehingga kita bisa lebih sehat. Itulah beberapa manfaat dari melakukan olahraga yoga. Yoga tidak hanya dapat melatih kekuatan tubuh, melainkan juga dapat melatih diri untuk meningkatkan massa otot. Dengan melakukan yoga secara rutin, otot-otot tubuh akan semakin kencang. Lakukanlah yoga sebelum melakukan aktivitas harian agar tubuh lebih siap menghadapi pekerjaan yang tentu menguras stamina dan pikiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *