Macam-macam Olahraga Tradisional yang Ada di Indonesia

Sebelum anda membaca dengan tuntas artikel ini coba untuk membayangkan aktifitas olahraga dalam 10 tahun yang silam. Nah setelah anda membayangkan tentunya muncul beberapa gambaran cabang olahraga pada era tersebut, dalam artikel ini kami akan memberikan iformasi seputar olahraga, namun bukan olahraga seperti biasanya. Yang akan kita kupas ialah olahraga tradisional yang pernah ada di Indonesia.

Macam-macam Olahraga Tradisional yang Ada di Indonesia

Meskipun era saat ini sebagai besar masyarakat disibukkan dengan media sosial dari pada mereka harus beranjak dari tempat tidur dan melakukan olahraga. Namun jika anda menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini kami harapkan anda tertarik untuk mencoba dan mencari keringat agar tubuh anda semakin bugar. Karena olahraga tradisional sangat menarik dan banyak manfaatnya. Berikut ini perinciannya:

  • Pencak Silat

Jenis olahraga tradisional ini menjadi salah satu yang sangat populer dan khususnya di Indonesia olahraga diminati berbagai kalangan mulai dari anak-anak, anak muda dan mereka yang sudah berkeluarga. Selain berasal dari nenek moyang kita pencak silat menjadi icon dari bangsa Indoensia di zaman kerajaan. Selain untuk membela diri dari kejahatan pencak silat juga sebagai cabang olahraga yang dilombakan dalam ajang dunia.

  • Sepak Takraw

Olahraga ini merupakan kombinasi dua cabang olahraga sepak bola dengan bola voli. Banyak dari sebagai orang menyebutnya dengan sepak raga, aturan dari sepak takraw dimainkan dua tim yang berjumlah 3 pemain. Olahraga juga masuk jenis tradisional yang juga dimainkan dalam event Sea Games dan Asian Games. Olahraga ini hanya dimainan orang yang ahli karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dengan menggunakan kaki dan kepala.

  • Enggrang

Olahraga ini salah satu olahraga tradisional juga banyak penggemarnya di Indonesia. Kenapa sangat populer? Karena tidak membutuhkan biaya mahal bahkan olahraga ini sangat digemari masyarakat pedesaan. Alat dalam olahraga ini anda cukup menyiapkan sepasang bambu yang tidak terlalu panjang berukuran sebesar lengan tagan orang dewasa dilanjutkan sepasang kayu kecil yang dipasangkan pada bambu tersebut sebagai pijakan.

  • Karapan Sapi

Olahraga ini berasal dari Madura salah satu olahraga tradisional yang unik menggunakan dua sapi untuk menarik kayu yang ditunggangi joki, jarak untuk perlombaan ini sejauh 100 meter.

  • Tarik Tambang

olahraga ini populer untuk kalangan masyarakat Indonesia dan sering digelar pada peringatan kemerdekaan. Hanya menggunakan satu tali tambang dan kerjasama tim tidak perlu biaya banyak atau tempat khsusus.

  • Bakiak

Berasal dari Sumatera Barat, olahraga dipopulerkan masyarakat Sumatera Barat yang juga membutuhkan kerjasama dan kekompakan tim. Selain biaya juga murah dengan tiga peserta untuk per tim dengan aturan berjalan bersama-sama dengan menggunakan bakiak, dengan model sandal besar berbahan kayu dengan panjang 1,5 meter. Olahraga sangat menarik dan menghibur karena pesertanya tidka ada batasan umur dan jenis kelamin.

Baca juga Fahombo Sebagai Olahraga Tradisional dari Nias

Nah sudah ada gambaran ingin mencoba olahraga tradisional yang mana, bebas anda memilih jaga sportiftas. salam olahraga dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>