Langkah Tepat untuk Pertolongan Pertama Pada Kondisi Patah Tulang Atau Pendarahan

Kecelakaan yang menimpa setiap orang memang tidak bisa dihindarkan, banyak masalah yang menyebabkan kondisi seseorang menurun akibat terjadinya kecelakaan. Seperti sampai dengan terjadinya patah tulang akibat kecelakaan saat mengendarai motor, mobil, olahraga ataupun kegiatan beresiko lainnya. kondisi itu terjadi dimana ada bagian pada tulang yang mengalami celah lalu membuat rasa sakit yang tak tertahankan ketika disentuh. Walaupun sudah dilakukan usaha-usaha untuk menghindari kejadian buruk tetapi jika memang sudah jalannya, seseorang tidak bisa menolak. Jika Anda mengalami hal tersebut pasti akan merasa panik, karena rasa sakit memang tidak bisa dibohongi.

 Langkah Tepat untuk Pertolongan Pertama Pada Kondisi Patah Tulang Atau Pendarahan

Tidak semua orang yang jatuh dan terjadi masalah pada bagian tulang itu langsung mengalami rasa sakit secara spontan. Bahkan ada juga orang yang mengalami hal tersebut tetapi tidak mengetahui bahwa tulang mengalami patah. Mereka hanya berfikir sakit biasa seperti keseleo, terkilir ataupun lain kondisi lainnya yang bisa sembuh dengan pemijatan. Makanya supaya tidak salah dalam menangani, Anda harus paham gejala patah pada tulang sebagai berikut:

 

  1. Tidak bisa digerakkan layaknya gerakan normal pada bagian yang mengalami patah tersebut.
  2. Untuk bagian pas tulang yang patah itu terkadang tidak terlihat adanya pembengkakan seketika, tetapi muncul tanda biru yang terkadang jika disentuh tidak terasa.
  3. Terjadinya perubahan pada bagian tulang sendi, umumnya hal ini terjadi pada bagian lengan ataupun kaki.
  4. Tulang yang umumnya tertutup oleh kulit itu terlihat menonjol, seakan keluar dari aturan semestinya.
  5. Terjadinya pendarahan yang ada pada dekat bagian tulang yang patah tersebut.
  6. Setelah beberapa menit, barulah rasa sakit seperti nyeri, panas atau lainnya itu terasa.

 

Dari beberapa gejala diatas bisa Anda analisa sendiri apakah memang kondisi setelah kecelakaan itu mengakibatkan patah tulang atau hanya terkilir biasa. Untuk tulang yang patah sendiri tidak bisa dilakukan penyembuhan hanya dengan pemijatan, tetapi dengan operasi atau penyambungan tulang kembali. Supaya tidak terjadi hal yang lebih buruk, lebih baiknya Anda segera atasi dengan pertolongan pertama yang tepat yaitu:

Baca Juga : Mengulas Tentang Patah Tulang dan Cidera Fatal Pada Pemain Sepakbola

  1. Baringkan korban.
  2. Posisikan bagian tulang yang sakit itu tidak mengalami gerakan yang berlebih.
  3. Beri tompangan pada bagian yang patah.
  4. Lebih baik langsung bawa ke pihak medis supaya bisa ditangani dengan tepat dan cepat.

 

Tidak sedikit orang yang mengalami kecelakaan di jalan ataupun tempat olahraga mendapatkan penanganan yang kurang tepat. Anda bisa membantu dengan memberikan pertolongan pertama tersebut, yang paling utama adalah tetap bantu korban terhindari dari syok yang berlebih. Tetap berikan ketenangan pada korban patah tulang supaya bisa dilakukan tindakan medis secara cepat. Demikian informasi mengenai penanganan masalah patah pada tulang, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>