Langkah Tepat Melakukan Olahraga Lari Bagi Pemula

Salah satu cara untuk menjaga agar tubuh tetap sehat adalah dengan olahraga secara teratur. Banyak macam olahraga yang bisa dilakukan, salah satunya adalah lari. Olahraga lari merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya. Banyak orang yang memilih jenis olahraga ini sebagai olahraga rutin. Meski tergolong sebagai olahraga yang paling mudah ternyata olahraga ini membutuhkan langkah yang tepat. Melakukan olahraga satu ini dengan tepat akan memaksimalkan manfaatnya serta mengurangi resiko cidera.

Langkah Tepat Melakukan Olahraga Lari Bagi Pemula

Bagi Anda pemula dalam olahraga lari sebaiknya memperhatikan beberapa langkah tepat untuk melaksanakannya. Bagi orang yang cepat lelah ketika melakukan jenis olahraga ini bisa saja karena kurang tepat melakukan olahraga ini, bukan karena tidak sanggup. Berikut adalah langkah tepat melakukan olahraga ini:

  1. Konsumsi makanan yang bergizi sebelum melakukan olahraga ini. Bila mengonsumsi makanan yang berat lebih baik dimakan 1 ½ jam sebelum melakukan olahraga ini.
  2. Selain makan makanan yang bergizi, konsumsi pula makanan ataupun minuman yang mengandung zat yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Waktu yang tepat untuk mengonsumsinya adalah 30 menit sebelum melakukan olahraga ini.
  3. Pakai sepatu olahraga sehingga mengurangi cidera yang mungkin terjadi.
  4. Pakai pakaian yang nyaman untuk olahraga. Pilih pakaian dengan bahan dan ukuran yang tepat. Jangan memilih pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil sehingga akan nyaman dikenakan.
  5. Lakukan pemanasan terlebih dahulu kurang lebih lima menit.
  6. Jangan melakukan lari secara berlebihan karena masih pemula. Paling tepat lakukan pada jarak pendek dan waktu yang lebih singkat. Anda bisa meningkatkan waktunya tetapi jangan sampai terengah-engah. Bila sampai terengah-engah sebaiknya hentikan olahraga Anda karena sudah berlebihan.
  7. Hirup udara menggunakan hidung dan lepaskan menggunakan mulut. Bila menghirup menggunakan mulut akan mengakibatkan debu dan kotoran masuk ke saluran pernapasan.
  8. Jangan melakukan gerakan yang membuat tekanan pada lutut dan sendi seperti melompat atau lainnya. Bila melakukannya akan mengakibatkan sakit setelah olahraga pada lutut dan sendi.
  9. Jangan terlalu cepat ketika melakukan olahraga ini karena bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat lelah.

Baca Juga : Berbagai Macam Olahraga Atletik yang Menyehatkan dan Perlu Anda Ketahui  

Dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut Anda akan dapat merasakan manfaat olahraga ini secara maksimal. Meski baru pemula dalam melakukan jenis olahraga ini Anda langsung bisa merasakan efek segar pada tubuh Anda. Jadi terapkan langkah tersebut dengan benar sehingga terhindar dari cidera. Dengan melakukan olahraga lari secara rutin akan membuat tubuh Anda selalu sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya seperti stroke, jantung dan lain sebagainya. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk menerapkan pola hidup sehat karena bisa memilih jenis olahraga yang murah meriah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>