Langkah Latihan Pernafasan Perut yang Berguna untuk Kesehatan

Latihan pernafasan bisa mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Misalnya saja dapat untuk dimanfaatkan sebelum berolahraga, sebelum melakukan sesuatu sehingga mengurangi rasa gugup, dapat untuk dilakukan dengan rutin untuk ibu hamil, dan juga bisa bermanfaat untuk kesehatan pada umumnya. Menarik napas dan melakukan teknik pernafasan yang tepat dapat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Karena dapat untuk membuat rileks, dapat untuk mencegah infeksi paru-paru, dan juga sangat berguna untuk kesehatan paru-paru pada umumnya. Salah satu jenis pernafasan yang bisa dipilih adalah pernafasan perut yang mempunyai teknik khusus yang harus diikuti untuk mendapatkan manfaatnya. Pernafasan perut ini bisa dilakukan secara rutin setidaknya satu hari sebanyak dua kali sehingga dapat untuk membuat tubuh menjadi rileks dan juga manfaat kesehatan lainnya. Adapun langkah untuk teknik pernafasan perut ini adalah:

  • Langkah pertama

Langkah pertama yang harus diperhatikan ketika akan melakukan pernafasan perut ini adalah mengatur posisi tangan dengan tepat. Dimana Anda harus menempatkan satu tangan pada bagian dada dan satu tangan lainnya di bagian perut. Pastikan ketika sedang melakukan teknik pernafasan perut ini, tangan yang ada di dada mundur ke belakang sedangkan untuk tangan di perut maju ke depan. Dimana hal tersebut memastikan bahwa teknik pernafasan yang Anda lakukan benar sesuai dengan aturan.

  • Langkah kedua

Untuk langkah kedua melakukan latihan pernafasan perut ini adalah dengan menghembuskan nafas. Setelah meletakkan posisi tangan pada posisi yang benar yaitu di bagian perut dan dada, maka hal lain yang harus diperhatikan adalah cara menarik nafasnya. Teknik menarik nafas yang benar adalah dengan menghembuskan nafas melalui mulut sedangkan untuk mengambil nafasnya melalui hidung secara perlahan. Langkah tersebut dilakukan setidaknya selam tujuh hitungan.

Baca juga: Cara Latihan Pernafasan Bagi Penyanyi

  • Langkah ketiga

Dan langkah selanjutnya adalah dengan membuang nafas melalui mulut juga sebaiknya dilakukan secara perlahan. Udara yang dihembuskan ketika melakukan pernafasan perut ini akan bisa memberikan banyak manfaat yaitu dapat untuk memberikan efek relaksasi. Selain itu juga dapat untuk memberikan kontraksi otot Anda secara lembut sehingga akan sangat bermanfaat untuk kesehatan apabila dilakukan secara rutin.

  • Langkah terakhir

Dan langkah terakhir latihan pernafasan perut adalah dengan melakukan langkah sebelumnya sebanyak empat hingga lima kali. Lakukan teknik pernafasan perut sederhana di atas dengan mengambil nafas dan menghembuskan nafas lewat mulut setidaknya hingga lima kali. Akan tetapi yang harus diperhatikan ketika melakukannya harus meningkatkan jumlah hitungan satu nafas yang dilakukan. Misalnya ketika pada pernafasan perut pertama mengambil nafas 8 detik dalam sekali pernafasan maka untuk selanjutnya bisa untuk mengambil nafas 10 detik sehingga dapat untuk meningkatkan variabilitas detak jantung dan akan berguna untuk kesehatan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>