Kiat Pilih Baju Olahraga yang Pas dan Nyaman Dipakai

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Seseorang yang rajin berolahraga, akan memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Hal ini disebabkan karena racun dalam tubuh akan keluar bersamaan dengan keringat yang dihasilkan oleh tubuh sewaktu berolahraga. Sehingga tidak jarang jika baju olahraga menjadi lebih kotor dan harus dicuci dengan detergen agar noda yang membandel hilang.

Kiat Pilih Baju Olahraga yang Pas dan Nyaman Dipakai

Sebelum berolahraga, harus menggunakan baju untuk olahraga yang nyaman yang tidak hanya harus bisa menyerap keringat namun juga melepaskan panas dan air sehingga tidak mudah lembab. Berikut tips untuk memilih baju yang sesuai untuk olahraga, diantaranya yaitu:

  • Baju yang terbuat dari bahan yang mudah untuk menyerap keringat sehingga kulit tidak akan mengalami gangguan yang membuat pori-pori tidak bisa untuk bernafas. Salah satu bahan kain yang dapat digunakan adalah katun.
  • Baju dengan ukuran yang tidak terlalu ketat atau yang elastis sehingga memudahkan tubuh untuk bernafas.
  • Baju dengan tekstur pori yang lebih besar untuk membantu pendinginan ketika berolahraga misalnya dengan baju dari kain nilon.

Ketika berolahraga, sebaiknya memilih baju yang dapat digunakan untuk berolahraga sesuai dengan cuaca. Ketika melakukan aktivitas olahraga di siang hari atau outdoor, sebaiknya menggunakan baju untuk olahraga yang berwarna cerah. Karena warna gelap pada baju yang digunakan untuk olahraga, dapat menyerap panas. Bagi yang tinggal di tempat dengan suhu dingin, sebaiknya menggunakan pakaian yang hangat untuk menjaga suhu tubuh. Pakai pakaian yang nyaman dan sejuk untuk membantu pori tubuh bernafas.

Baca juga: Manfaat Mengenakan Baju Olahraga yang Ketat di Badan

Sedangkan jika Anda hendak memilihkan baju olahraga untuk anak, terdapat beberapa tips yang mungkin dapat membantu, diantaranya yaitu:

  • Sebaiknya pilih baju yang berwarna cerah karena biasanya, anak akan lebih tertarik pada warna-warna cerah sehingga anak tertarik untuk mengenakannya.
  • Memilih baju yang terbuat dari katun karena bahan tersebut nyaman ketika dipakai dan mudah menyerap keringat dengan baik. Jangan lupa untuk memilih yang mudah dipakai dan bahannya tidak menyebabkan anak alergi misalnya karena bahan yang dipergunakan kasar dan menyebabkan kulit anak menjadi iritasi.
  • Ketika membeli pakaian olahraga, sebaiknya mengajak anak yang bersangkutan untuk dapat memilih baju yang dia suka misalnya pakaian olahraga dengan karakter super hero atau yang bergambar putri sehingga berolahraga akan lebih bersemangat.

Sebaiknya, baju olahraga untuk anak tidak hanya satu. Hal tersebut dikarenakan agar anak tidak bosan dan sebagai cadangan. Aktivitas anak yang banyak dan sebagian diantaranya memiliki sifat aktif, akan lebih mudah membuat baju yang digunakan untuk olahraga menjadi kotor, sehingga baju cadangan akan diperlukan. Kotoran dan noda yang menempel akan hilang dengan detergent sehingga pakaian olahraga anak akan menjadi bersih dan bebas dari noda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>