Ketahui Manfaat Olahraga Basket untuk Kesehatan Berikut Ini!

Sejak kecil, tentu Anda sudah dibiasakan untuk tidak melupakan olahraga. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya mata pelajaran olahraga sejak kecil. Namun mulai merambah ke dunia dewasa, kebiasaan olahraga yang sudah terbentuk sejak kecil ini seolah kian lama kian dilupakan karena dikalahkan oleh kesibukan. Namun Anda juga bisa menjadikan olahraga favorit sebagai olahraga yang Anda lakukan misalnya saja olahraga basket. Basket pasti sudah banyak dilakukan sejak sekolah sehingga banyak yang menggemarinya.

Basket merupakan olahraga yang amat populer. Tak heran jika penggemarnya juga tidak sedikit. Berikut ini beberapa manfaat dari basket yang perlu Anda ketahui:

Baca juga: 5 Sepatu Olahraga Basket Terbaik & Terpopuler Di Dunia

  • Bakar kalori

Biasanya memang ini yang pertama dicari oleh banyak orang. Dengan membakar kalori, maka bentuk tubuh yang diinginkan pun akan bisa didapatkan. Dengan berolahraga basket selama setidaknya satu jam, maka Anda akan mampu membakar sampai 600 kalori hingga 900 kalori. Bandingkan saja dengan olahraga lainnya dimana basket ini termasuk olahraga yang mampu membakar kalori dalam jumlah cukup besar.

  • Baik untuk cardiovascular

Dengan berolahraga basket, maka Anda juga akan mampu mengembangkan cardiovascular di tubuh Anda. Kian sering dan lama Anda memainkan permainan basket maka detak jantung juga akan meningkat. Dengan ini, maka Anda pun akan bisa mendapatkan kesehatan jantung serta mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke di masa mendatang.

  • Mengembangkan disiplin dan konsentrasi

Olahraga basket tak hanya asal berlari dan melempar bola saja, namun juga butuh otak dan strategi. Tak heran jika olahraga ini mampu menjadikan disiplin dan konsentrasi Anda juga berkembang. Dengan disiplin dalam bermain basket, maka bukan hanya kesehatan yang didapat, namun juga permainan yang baik dan kemenangan jika Anda ada di kompetisi.

  • Bangun kekuatan tulang

Melompat serta tuntutan fisik lain ketika bermain basket menjadikan Anda juga mampu melatih tulang dalam permainan ini. Kian kuat tulang Anda, maka kian kecil juga kemungkinan untuk tulang rusak, patah hingga masalah tentang sendi dan tulang lainnya di masa depan. Tulang dan otot yang kuat maka akan sangat bagus untuk Anda.

  • Koordinasi motorik yang lebih baik

Oper bola, lemparan, berlari sambil membawa bola dan lain sebagainya sangat umum dilakukan ketika olahraga ini. Semua aktivitas dan gerakan tersebut membutuhkan koordinasi dari tangan dan mata dengan sangat baik sehingga otak pun bekerja untuk Anda.

Banyak lagi manfaat yang akan Anda dapatkan dengan bermain basket. Namun itulah beberapa manfaat yang paling diunggulkan dari olahraga basket. Selain sehat, basket juga menyenangkan karena bisa bermain bersama teman. Jadi jangan tunggu lagi, segera mainkan bola basket Anda dan dapatkan manfaatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>