Jenis Sepatu Lari yang Nyaman Digunakan

Berlari merupakan kegiatan yang bisa bermanfaat bagi kesehatan. Berlari secara rutin akan membakar lemak dan kalori berlebih sehingga tubuh kita bisa lebih ideal. Salah satu aksesoris yang penting dikenakan ketika berlari adalah sepatu. Sepatu merupakan salah satu penunjang dalam kegiatan berlari. Selain untuk melindungi kaki, sepatu merupakan penyempurna penampilan ketika sedang berlari. Agar kegiatan berlari yang kita lakukan dapat nyaman dan aman, kita harus memilih sepatu olahraga yang tepat. Di pasaran, sepatu lari berbagai jenis dan merk banyak dijual. Namun, tidak semua sepatu cocok dan aman dikenakan ketika berlari. Dalam berlari, kita harus memilih sepatu yang tepat agar kaki tidak mudah keseleo. Salah memilih sepatu justu akan membahayakan diri kita karena kita bisa terkilir bahkan jatuh karena licin. Berikut ini adalah beberapa sejis sepatu olahraga untuk berlari yang nyaman digunakan.

Sepatu dengan Ukuran yang Pas

Memilih sepatu olahraga harus mempertimbangkan ukuran. Disarankan untuk memilih sepatu olahraga yang benar-benar pas agar kita merasa nyaman ketika menggunakannya. Sepatu yang terlalu longgar akan membahayakan kaki karena kaki akan mudah terkilir dan keseleo, bahkan sepatu yang terlalu longgar akan membuat penggunanya rentan terkena cedera. Sebaliknya, memakai sepatu yang terlalu sempit akan membatasi gerakan kita, juga berpotensi membuat kulit kaki kita lecet.

Sepatu dengan Alas Kaki Anti Slip

Tidak semua sepatu lari difasilitasi dengan fitur anti slip. Alas kaki atau sole anti slip sangat penting keberadaannya dalam menjaga keseimbangan tubuh seorang pelari. Anti slip akan bekerja dengan baik di lintasan yang licin sehingga seorang pelari tidak akan mudah terpeleset atau slip. Dengan memakai sepatu anti slip, pergerakan kaki penggunanya akan ditunjang dengan baik. Biasanya, desain anti slip pada sepatu olahraga dibuat dari materiak berbahan karet yang solid, sehingga mampu berfungsi sebagai rem ketika berada di lintasan yang licin atau lembab, sebagaimana fungsi kampas pada rem. Dengan memakai sepatu yang dilengkapi fitur anti slip, kita tidak perlu khawatir ketika sedang berlari di tempat yang lembab atau licin.

Sepatu yang Luwes atau Fleksibel

Dalam memilih sepatu untuk berolahraga, disarankan memilih sepatu yang memiliki tekstur lentur, sehingga pergerakan kaki pemakainya akan ditunjang dengan baik. Sepatu yang luwes atau fleksibel akan membuat pemakainya lebih leluasa dalam bergerak, kaki tidak akan merasa tercekik atau terjepit, sebaliknya penggunanya akan merasa nyaman. Disarankan untuk memilih sepatu dengan bahan yang lentur namun kuat, sehingga selain mendukung gerakan kaki ketika berlari, juga melindungi kaki dari benda-benda berbahaya di sepanjang lintasan atau jalan yang dilewati ketika berlari.

Itulah beberapa kriteria tentang jenis sepatu lari yang nyaman digunakan. Memilih sepatu yang baik dan benar-benar pas akan membuat kita nyaman dalam berlari, sehingga kita terhindar dari kemungkinan terkena cedera dan tergelincir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *