Jenis Olahraga Air yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Kebanyakan olahraga yang banyak dipilih memang dilakukan di darat. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan olahraga air juga dipilih sebagai olahraga favorit. Kebanyakan orang mungkin hanya tau olahraga yang dilakukan di air adalah renang. Akan tetapi banyak jenis olahraga yang dilakukan di air selain renang. Olahraga-olahraga tersebut bisa dilakukan di air tawar ataupun air laut, menyesuaikan kebutuhan olahraga.

Jenis Olahraga Air yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Olahraga di air sebagaimana olahraga darat juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan melakukan olahraga di air berbagai manfaat dapat diperoleh dengan maksimal. beberapa manfaat bahkan tidak bisa diperoleh bila melakukan olahraga darat. Bagi Anda yang penasaran apa saja jenis olahraga air berikut informasinya untuk Anda:

  1. Renang. Sudah tidak asing lagi jenis olahraga di telinga. Sejak zaman dulu jenis olahraga ini banyak dilakukan hingga kini karena sangat bermanfaat untuk tubuh. Berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan olahraga ini adalah bisa melatih pernapasan, menghilangkan stress, membakar kalori, membentuk otot, dan lain sebagainya. Olahraga ini juga bisa berguna untuk menambah tinggi badan. Dengan beragam manfaat tersebut maka olahraga ini sangat cocok bagi orang yang mengalami obesitas, orang yang mengalami gangguan pada tulang dan ibu hamil pun cocok melakukan jenis olahraga ini.
  2. Polo air. Jenis olahraga ini merupakan olahraga perpaduan antara renang, bola basket, sepak bola dan gulat. Dengan perpaduan beberapa cabang olahraga tersebut membuat polo air semakin menarik.
  3. Diving. Olahraga satu ini merupakan jenis olahraga yang dilakukan dengan menyelam pada kedalaman air. Secara umum jenis olahraga ini dibagi menjadi dua macam, yaitu free diving dan scuba diving. Free diving dilakukan dengan cara menyelam sambil menahan napas pada beberapa waktu dalam air. Diving jenis ini tidak menggunakan alat bantu pernapasan. Sedangkan scuba diving adalah menyelam dengan menggunakan tabung udara sebagai alat bantu pernapasan.
  4. Snorkeling. Olahraga satu ini dilakukan dengan cara menyelam dengan menggunakan masker selam dan snorkel serta alat bantu dorong berupa tiruan kaki katak. Bedanya dengan diving adalah olahraga snorkeling dilakukan di permukaan air.
  5. Surfing. Olahraga satu ini dilakukan dengan memanfaatkan ombak tinggi sebagai medan untuk berolahraga. Dengan menggunakan papan selancar, olahraga ini bisa memacu adrenalin dan melatih keseimbangan.

Simak juga Olahraga Air Ternyata Bantu Redakan Radang Sendi

Selain olahraga tersebut, masih banyak jenis olahraga air lainnya yang bisa Anda pilih. Akan tetapi kelima olahraga diatas memiliki manfaat yang baik untuk hiburan dan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan memanfaatkan keberadaan air, kegiatan olahraga dapat dilakukan dengan baik dan semakin menarik. Apalagi bila memilih olahraga yang terbilang ekstrim akan semakin memacu adrenalin yang membuat Anda mengalami pengalaman yang menyenangkan dalam berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>