Jenis-Jenis Sol Sepatu Olahraga Berdasarkan Jenis Olahraga

Berbeda jenis olahraganya maka berbeda pula jenis sepatu yang digunakan. Bagian sol pada sepatu menawarkan fungsi olahraga khusus dan membantu meningkatkan performa saat berolahraga. Selain itu fitur sepatu juga sangat berpengaruh, contohnya daya cekram, berat sepatu, fleksibilitas dan pelepas komponen. Dalam artikel ini kita akan membahas jenis sepatu olahraga berdasarkan jenis olahraganya.

Sepatu Mendaki Gunung

Sol sepatu untuk mendaki gunung di desain khusus untuk mengatasi medan jalanan yang terjal, bebatuan. Biasanya sol memiliki tingkat kekakuan dan terbuat dari sol. Pola kedalamannya berbeda-beda dengan menawarkan pijakan yang aman dan permukaan yang kasar.

Biasanya sol yang dalam memiliki daya cengkram yang kuat sedangkan sol yang pendek dan banyak spasi cengkraman pada tanah kurang kuat. Sol untuk sepatu mendaki gunung biasanya paling kokoh dan tidak sefleksibel sepatu atletik, namun sepatu mendaki memiliki daya serap pada benturan yang lebih maksimal.

Sepatu Basket

Sol sepatu olahraga basket datar dan terbuat dari karet. Umumnya lebih lebar dan memiliki pola herringbone yang diukir, tujuannya agar lebih meningkatkan stabilitas dan cengkraman saat memberhentikan putaran dengan cepat. Biasanya jika dibandingkan dengan sepatu atletik, sepatu basket memiliki daya serap terhadap benturan lebih maksimal dengan fleksibilitas sedang.

Sepatu Sepak Bola

Sol sepatu sepak bola memiliki duri atau kancing yang dapat meningkatkan daya cengkram pada waktu berlari di lapangan hijau. Kancing pada sepatu biasanya bisa dilepas dan terbuat dari tiga bahan, yaitu: karet, plastic dan logam. Bentuknya ada yang kerucut dan runcing. Sol pada sepatu sepak bola memiliki fleksibilitas moderat dengan daya serap terhadap benturan.

Sepatu Lari

Saat ini sol sepatu yang menjadi trand terbaru di dunia olahraga adalah yang minimalis. Memiliki ketebalan 3 mm dan sangat fleksibel. Tingkat fleksibilitasnya tinggi dan memiliki sedikit bantalan dan mampu menyerap benturan. Selain itu memiliki tingkat ketebalan sol yang lebih tebal tapi tetap fleksibel dibandingkan dengan sepatu tradisional

Sepatu Tenis

Sol untuk sepatu tenis permukaannya lebih halus dan datar jika dibandingkan dengan sepatu basket atau mendaki gunung. Solnya bervariasi berdasarkan jenis lapangan. Berat sepatu sangat ringan dan lebih fleksibel, solnya halus jadi pada bergesekan dengan lantai tidak akan menempel ke lantai.

Sepatu Golf

Jika dibandingkan dengan sepatu lari dan basket. Pada sepatu golf memiliki daya serap terhadap benturan yang minimum dan kurang fleksibel. ada yang terdiri dari paku lembut, palu logam atau tanpa paku sama sekali. Namun jenis sol paku logam umumnya tidak diperbolehkan karena bisa merusak lapangan.

Sedangkan sepatu olahraga golf dengan sol lembut memiliki daya cengkram yang moderat, sedangkan yang tanpa paku daya cengkramnya sedikit lebih banyak dibandingkan dengan jenis sepatu santai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *