Istilah-Istilah dalam Olahraga Bulu Tangkis yang Sering Didengar

Olahraga bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang paling diminati pada dewasa ini. Hampir dari seluruh usia dapat bermain permainan ini, tidak terkecuali wanita. Permainannya yang cukup mudah serta para pemain tidak harus bergerak banyak kesana-kemari inilah yang menjadi gaya tariknya. Namun beda halnya jika sedang dalam pertandingan, maka gerakan-gerakannya pun akan lebih banyak dan biasanya agresif. Saat sedang menonton pertandingan bulu tangkis, sering kali kita mendengar para komentator atau wasit dari permainan tersebut menyebutkan beberapa istilah dalam permainan tersebut yang tidak dapat dimengerti oleh orang awam, kecuali mereka yang memang sangat menyukai olahraga jenis ini.

Dibawah ini adalah beberapa istilah-istilah yang olahraga bulu tangkis yang harus Anda ketahui guna untuk membuat menonton lebih seru jika mengerti hal tersebut. Istilah-istilah tersebut antara lain:

  • Back Hand

Back hand adalah salah satu istilah dalam dunia bulu tangkis yang sering kali kita dengar namun tidak mengerti apa itu arti yang sebenarnya dari kata-kata tersebut. Setelah melansir, ternyata kata-kata tersebut berarti melepaskan pukulan dalam posisi punggung tangan menghadap depan. Gerakan ini biasanya digunakan untuk pemain yang mengembalikan kok atau bola yang sedang bergerak menuju bagian sebelah kiri dari tubuh pemainnya. Hal tersebut memang sangatlah sederhana, namun sebelumnya pasti susah untuk mengartikan makna dari kata-kata tersebut.

  • Lob

Seringkali para penonton juga mendengar kata ini dari para komentator atau pun wasit yang berada di lapangan tersebut. Istilah ini mengartikan sebuah pukulan keras yang melambung. Pukulan ini sifatnya ofensif dan gerakan ini kerap digunakan untuk memojokkan lawan di salah satu sudut lapangan. Pukulan ini juga mempunyai sifat defensive dimana sang pemain menggunakannya untuk memperbaiki posisinya saat lawan sedang mengejar kok atau bola yang dipukul dengan cara ini.

Baca juga: Simak Manfaat Olahraga Bulutangkis untuk Para Wanita

  • Deep Service

Kalau hanya sekedar kata service, pasti semua orang juga sudah mengetahui bahwa itu adalah pukulan awal untuk memulai permainan atau pertandingan. Namun Deep Service ini ternyata berbeda dengan service biasa. Istilah ini digunakan saat servis yang diberikan oleh pemain melambung tajam ke sudut lapangan sehingga memaksa lawannya untuk mengembalikan kok atau bola tersebut dengan menggunakan pukulan Lob yang sifatnya defensif. Dengan ini, lawan pun akan mudah untuk diserang.

  • Jumping Smash

Kalau istilah yang satu ini memang sangat tidak asing didengar bagi para pecinta olahraga bulu tangkis. Jika smash biasa hanyalah memukul kok atau bola dengan keras dan menukik tajam kearah lawan, maka untuk Jumping Smash ini sedikit berbeda. Pemain akan memberikan smash tersebut saat melompat tinggi, maka bola atau kok yang di smash tersebut dapat menukik lebih tajam kearah lawan. Teknik ini sering sekali digunakan untuk mencetak angka serta serangan ini akan susah untuk dikembalikan lawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>