Istilah Dalam Dunia Olahraga Parkour

Aksi gila-gilaan memanjat bangunan, melompat dari atap ke atap lainnya serta berguling dengan gerakan yang indah adalah bagian dari Parkour.  Sebuah seni gerak yang memadukan berlari bebas dan gerakan-gerakan akrobatik ekstrim di lahan-lahan yang ektrim—seperti atap gedung, dinding rumah, dan tempat-tempat tinggi dan berbahaya lainnya. Ada beberapa istilah dalam dunia olahraga parkour ini.  Diantaranya adalah:

  • I’art du deplacement

Ini adalah nama asli dari parkour yang berasal dari Negeri Perancis. Secara bahasa artinya adalah berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara efisien dan secepat-cepatnya dengan menggunakan seluruh kemampuan tubuh manusia.

  • Jumping over

Ini adalah gerakan melompat yang lebih susah ketimbang jumping up and down. Karena gerakan ini membutuhkan aksi aktif yang rumit. Diawali dengan berlari kemudian meloncat serta melewati rintangan yang ada. Seperti berpindah dari atap ke atap, dari tembok ke tanah dan sebagainya. Tumpuan kaki terutama paha dan lutu memang perlu di[erkuat.

  • Rolling

Bila kamu melihat aktivis parkour melakukan guling-guling usai melompati sesuatu, itu bukan tanda ia lelah atau terpleset. Gerakan berguling ini disebut dengan rolling. Rolling bertujuan mentransfer momentum atau energi kepada bumi usai melakukan sebuah lompatan.

  • Tic-tac

Namanya mirip dengan salah satu gerakan dasar skateboard. Gerakan ini berupa melompati obstacle dengan dinding atau tembok sebagai pijakannya. Kamu harus melatih kekuatan bagian bawah tubuh kamu, yaitu otot kaki guna menjaga elastisitasnya.

  • Vault

Gerakan vault dasarnya mirip dengan gerakan jumping over. Kalau di jumping over lebih ke kaki, di Vault boleh menggunakan tangan untuk melakukannya. Ada beberapa jenis gerakan vault. Yaitu:

  1. Pop vault: gerakan vault dengan melompati tembok
  2. Kong vault: lompatan dengan diving ke depan sehingga posisi badan menjadi horisontal, lalu mendarat dengan memasukan kaki melewati kedua tangan sehingg badan kembali ke posisi vertikal.
  3. Dash vault: gerakan melompat dengan membentuk sudut 90 derajat.
  4. Turn vault:  gerakan melompat dengan membentuk sudut 180 derajat.
  5. Reverse vault: melompat dengan membentuk sudut 360 derajat.
  6. Speed vault: gerakan melompati obstacle dengan kecepatan penuh sambil memiringkan kaki dibantu dengan ssatu tangan melewati obstacle
  7. Lazy vault: ini versi selow dari speed vault.
  • Cat leap

Seperi namanya, gerakan ini mengadopsi kelincahan seekor kucing yang meloncat. Perpaduan dari jumping over dan cengkraman pada media seperti tembok. Ini dilakukan bila jarak obstacle cukup jauh. Jadi urutannya jumping over, mencengkram tembok, kemudia jaumping over again. Seperti halnya jackie Chan di banyak aksi laganya.

Masih banyak lagi istilah-istilah lainnya dalam dunia olahraga parkour ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *