Inilah Olahraga Saat Puasa yang Cocok untuk Menambah Semangat dan Kebugaran Anda

Bulan puasa datang setiap tahunnya, dimana orang muslim diwajibkan untuk melakukan puasa tidak makan dan minum seharian. Meskipun begitu bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan dalam melakukan aktivitas setiap harinya, apalagi untuk olahraga. Padahal olahraga saat puasa itu sangat penting sekali untuk membuat badan Anda terlihat lebih fit dan segar. Karena setelah seharian tidak mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan ditambah tidak melakukan olahraga pasti akan semakin loyo dan tidak bertenaga.

Inilah Olahraga Saat Puasa yang Cocok untuk Menambah Semangat dan Kebugaran Anda

Berbeda dengan olahraga pada umumnya, jika saat puasa tiba Anda perlu melakukan berbagai aturan khusus supaya tetap terjaga stamina selama seharian penuh. Lebih baiknya memang olahraga dilakukan menjelang satu jam atau 30 menit sebelum berbuka puasa. Sehingga setelah Anda selesai olahraga dan kehilangan banyak cairan bisa langsung minum dan mengganti nutrisi yang hilang pada tubuh. Selain aturan tersebut ternyata juga tidak sembarangan jenis olahraga dapat Anda lakukan, hindari olahraga yang memerlukan banyak tenaga. Nah, berikut ini ada beberapa jenis olahraga yang masih aman saat puasa yaitu:

  • Jogging.

Berlari merupakan salah satu jenis olahraga yang masih cukup aman untuk Anda yang sedang menjalankan puasa. Tetapi perlu diperhatikan kecepatan dalam berlari, usahakan tidak terlalu banyak memerlukan tenaga. Lebih baiknya lagi Anda pilih pada kondisi alam yang dipenuhi dengan pohon rindang yang tentunya cukup menyegarkan. Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan ketika Anda melakukan olahraga satu ini, namun jangan terlalu di forsir karena tujuan Anda hanya menjaga tubuh tetap bugar.

  • Bersepeda.

Pilihan kedua untuk Anda yang ingin berolahraga tetapi sedang puasa adalah bersepeda, misalnya saja dengan keliling perumahan, melewati persawahan dan lainnya. Pada dasarnya olahraga saat puasa hanya untuk menjaga stamina dan semangat supaya tetap stabil dan tidak loyo. Dengan bersepeda Anda akan mendapatkan hal itu secara otomatis, apalagi hormone bahagia akan Anda dapatkan setelah melakukan olahraga tersebut.

  • Zumba.

Lalu ada jenis olahraga yang memang lebih identik dengan kaum hawa, diiringi alunan musik akan memberikan kesan yang lebih seru dan fun. Umumnya gerakan zumba itu lebih ringan dan mudah sekali untuk diikuti, meskipun begitu manfaat yang akan Anda dapatkan akan banyak sekali. 350 kalori bisa terbakar setelah Anda melakukan gerakan kurang lebih dalam waktu 30 menit.

Baca juga: Tips untuk Tetap Bisa Olahraga saat Puasa

Selain tiga pilihan diatas masih ada banyak lagi olahraga yang memberikan kesehatan serta kebugaran pada tubuh Anda meskipun sedang dalam kondisi puasa. Misalnya saja seperti yoga, lompat tali ataupun pemanasan-pemanasan ringan. Apapun itu jenisnya yang paling penting olahraga saat puasa tidak boleh Anda lakukan dengan cara terlalu di forsir. Hal itu pasti akan membuat Anda kelelahan dan mudah sekali hilang mood saat seharian puasa, jadi tetap dalam aturan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>