Inilah Kesalahan Sebelum Aktifitas Olahraga Fitnes yang Harus Anda Hindari

Berolahraga di gym menjadi pilihan banyak orang di era yang serba modern seperti saat ini. Hal ini lantaran kesibukan pun yang menjadikan olahraga di dalam ruangan lebih dipilih. Untuk bisa berolahraga di gym pun tidak butuh banyak biaya karena sudah ada beberapa tempat fitnes yang menyediakan keanggotaan dengan harga murah. Namun ternyata banyak orang melakukan kesalahan ketika olahraga fitnes. Kesalahan yang terjadi umumnya adalah pada momen sebelum olahraga.

Beberapa kesalahan yang umum ditemui sebelum olahraga fitnes dan kerap dilakukan diantaranya:

  • Olahraga dengan perut kosong

Ketika Anda berencana berolahraga fitnes di pagi hari, maka ada baiknya Anda mengisi perut terlebih dulu. Tubuh butuh asupan energi karena Anda telah bekerja seharian kemarin dan semalaman tubuh mengusahakan untuk bisa mendetoks racun. Untuk itu, Anda bisa makan sereal, atau yoghurt atau jenis makanan lainnya sehingga bisa sebagai pengganti energi. Makan sedikit tidak mengapa, asalkan jangan sampai perut kosong.

  • Konsumsi serat

Kesalahan selanjutnya adalah konsumsi serat sebelum berolahraga fitnes. Memang konsumsi serat seperti apel dan juga selai kacang adalah camilan yang amat sehat, meski begitu ada baiknya tidak mengkonsumsinya saat Anda akan berolahraga. Hal ini lantaran makanan yang tinggi serat bisa jadi memicu perut tidak nyaman dan membuat Anda buang air besar ketika fokus fitnes sehingga fitnes jadi kurang fokus.

  • Minum minuman berenergi

Minuman berenergi yang mengandung banyak kafein memang bisa menambah tenaga sementara, namun Anda harus ingat jika kadar gula di dalamnya pun amat tinggi. Kadar gula darah ini bisa naik serta bisa juga turun drastis sehingga menjadikan tubuh lemas tak bertenaga. Sebaiknya Anda mengganti minuman berenergi dengan teh hijau atau kopi hitam tanpa gula.

  • Makan terlalu banyak

Tidak makan salah, makan terlalu banyak pun juga salah. Makan berlebihan akan membuat pencernaan Anda kurang baik dan bermasalah serta karena kekenyangan tubuh jadi tidak bisa konsentrasi. Anda bisa makan secukupnya yang penting cukup mengisi energi. Makan 30 menit sebelum fitnes sangat disarankan.

  • Baju berbahan katun

Pakaian katun yang nyaman dan lembut memang mudah untuk menyerap keringat. Tetapi berbeda ketika Anda akan menggunakannya untuk fitnes karena pakaian katun akan mudah basah lantaran keringat sehingga memungkinkan kulit menjadi lembab dan terjadi infeksi jamur karenanya. Pakailah pakaian olahraga yang memang dibuat secara khusus sehingga nyaman dikenakan.

Pastikan awali olahraga fitnes Anda dengan pemanasan ringan terlebih dulu sehingga bisa mengurangi cedera yang mungkin terjadi nanti. Rutinkan olahraga sehingga Anda bisa selalu sehat dan tubuh pun bugar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>