Inilah 7 Persiapan untuk Trek Panjang Dengan Road Bike!

road bike

Dari umur berapakah Anda mulai bisa bersepeda? Tentunya sebagian besar sudah diajarkan oleh orang tuanya untuk bersepeda. Tak ada usia baku kapan anak mulai diajarkan untuk bersepeda. Namun, satu hal yang pasti kita dapat menularkan kebiasaan baik bersepeda santai sedari dini. Hingga saat beranjak dewasa tak ragu untuk mencoba road bike.

Bersepeda santai tentu akan berbeda rasanya dengan bersepeda karena mengikuti lomba dengan jarak yang jauh.

Selain butuh energi ekstra, teknik dan persiapannya sudah tentu harus diperhatikan. Apalagi bila Anda ingin menggunakan sepeda balap untuk trek yang cukup jauh.

road bike

Banyak pemula yang akhirnya kapok tak ingin melakukannya lagi karena kurangnya persiapan dan pengetahuan bagaimana langkah yang seharusnya diambil untuk bersepeda jarak jauh dengan road bike.

Bila Anda seorang pemula dan ingin sesekali mencoba trek panjang dengan menggunakan sepeda balap, ada baiknya untuk memperhatikan hal hal berikut ini.

Inilah 7 Persiapan untuk Trek Panjang Dengan Road Bike!

  1. Persiapan dari segi fisik

Memiliki fisik yang prima tentu menjadi hal utama yang harus Anda pertimbangkan. Jika ingin melakukan trek panjang, persiapkan fisik dengan latihan.

Atur mengenai kecepatan dan juga berusaha mengondisikan tubuh agar tidak syok saat akan menempuh perjalanan yang jauh.

Disini Anda bisa melakukan simulasi berapa kira kira jarak yang akan ditempuh lalu dilakukan latihan secara bertahap namun tidak usah diforsir. Jika diforsir malah bisa jadi Anda akan mengalami  kelelahan sebelum trek yang jauh.

  1. Mengontrol porsi tenaga

Ini juga sangat penting yang menjadi acuan dalam bersepeda untuk kegiatan apapun. Atur kecepatan dengan tenaga yang Anda miliki. Jangan mengikuti kecepatan orang lain.

Karena Anda yang paling mengetahui kekuatan tubuh Anda dan bagaimana Anda seharusnya menyesuaikan.

Jangan sampai, saat asik mengikuti orang lain dengan gaya passingnya, justru membuat kaki Anda jadi kram.

  1. Memastikan sepeda nyaman dipakai

Kenyamanan dalam bersepeda pun menjadi poin penting dalam berolahraga, touring dengan rute yang panjang maupun saat mengikuti perlombaan.

Carilah ukuran sepeda yang pas dengan Anda, dan jangan malu untuk meminta bantuan orang yang ahli sepeda. Terlebih untuk jenis sepeda balap, perlu penyetelan ekstra agar lebih nyaman.

road bike

Jangan hanya tergiur dengan road bike murah, tapi tidak diperhatikan kenyamanannya.

  1. Makan makanan bernutrisi

Jika sudah memiliki jadwal untuk bersepeda dengan jarak jauh. Anda juga harus memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Persiapkan dengan makanan yang bernutrisi untuk menjaga keseimbangan dan metabolisme tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Hal ini juga sama dilakukan saat Anda ada di dalam masa latihan. Dengan mengonsumsi karbohidrat, lemak, dan protein yang lebih daripada biasanya juga cukup membantu.

  1. Kenali rutenya

Sebelum melakukan perlombaan road bike atau dengan jarak yang jauh. Sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu informasi bagaimana rute dan medannya.

Lalu lakukan latihan di jalur atau trek yang mirip, semata mata latihan ini akan membantu Anda agar tidak kaget saat pelaksaannya.

  1. Jangan sampai dehidrasi

Sebelum bersepeda dengan jarak yang jauh, konsumsilah air putih secara teratur. Menyediakan selalu air putih saat latihan ataupun saat sedang tracking tentu sangat baik demi menghindari dehidrasi.

Bisa pula dengan ditambahkan konsumsi minuman elektrolit yang diminum sebelum, saat atau setelah bersepeda.

  1. Persiapan mental

Mempersiapkan kondisi mental dengan baik juga harus diperhatikan bagi Anda yang ingin mengikuti lomba sepeda balap.

Jangan sampai merasa terlalu percaya diri hingga nekat mengikuti event tanpa persiapan. Terkesan hanya ada pemaksaan yang nantinya bisa berujung pada kekecewaan.