Inilah 4 Gaya Olahraga Renang yang Sering Diperlombakan

Renang merupakan salah satu jenis olahraga air yang banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan dan juga untuk tubuh. Renang sendiri bisa dilakukan di banyak tempat, tidak hanya di kolam renang saja tetapi juga di danau, pantai, dan tempat lainnya. Selain sebagai hobi dan juga kemampuan pribadi, renang juga menjadi salah satu jenis olahraga yang diperlombakan. Dimana ada beberapa gaya yang diperlombakan dalam olahraga ini. Adapun 4 gaya olahraga renang yang diperlombakan adalah sebagai berikut ini:

 

Renang gaya bebas

Jenis gaya pertama yang diperlombakan dalam olahraga air yang satu ini adalah gaya bebas. Gaya bebas ini merupakan renang dengan posisi dada yang menghadap pada permukaan air. Sedangkan untuk kedua tangan akan bergantian untuk bergerak maju dengan gerakan mengayuh. Dan untuk posisi kakinya akan bergantian untuk melakukan gerakan cambukan yang fluktuatif dan kemudian turun. Posisi wajah ketika melakukan gerakan ini adalah pada posisi menghadap permukaan air. Ketika akan melakukan gerakan renang yang satu ini yang harus diperhatikan adalah ketika melakukan pernafasan yaitu pada menggerakkan lengan keluar dari air, saat tubuh miring dan kepala yang berpaling ke samping. Waktu tersebut menjadi cara untuk mengambil nafas pada gaya renang bebas.

 

Renang gaya dada

Olahraga renang yang diperlombakan selanjutnya juga mempunyai gaya dada. Gaya ini merupakan yang paling populer diantara 4 gaya renang yang ada. Dimana untuk posisi tubuh dari gaya ini adalah posisi yang stabil, kepala keluar dari air dapat pada waktu yang lama. Kepala pada gaya ini akan menghadap ke permukaan air dan mempunyai tubuh dengan gaya yang selalu stabil. Untuk kakinya akan melakukan gerakan ke luar, dan tangannya lurus saja ke depan dan kadang dibuka ke samping untuk dapat maju ke depan lebih cepat. Dan untuk pernafasannya dilakukan ketika mulut di permukaan air.

 

Gaya punggung

Jenis gaya selanjutnya ada renang gaya punggung yang mempunyai punggung menghadap pada permukaan air. Gaya ini mengharuskan lengan dan juga kaki melakukan gerakan seperti gaya bebas tetapi mempunyai posisi tubuh yang terlentang. Tangan dapat digunakan untuk mengayuh ke depan dan juga akan dapat dengan mudah untuk mengambil nafas pada gaya renang yang satu ini.

Baca Juga : Hindari Kesalahan-kesalahan Umum Olahraga Renang dengan Gaya Dada Berikut Ini!

Gaya kupu-kupu

Dan gaya olahraga renang yang terakhir adalah gaya kupu-kupu. Gaya yang satu ini mempunyai posisi dada menghadap ke permukaan air. Untuk kedua lengannya berada pada posisi di tekan ke bawah dan digunakan untuk mengayun. Untuk kakinya menendang ke bawah seperti pada gerakan sirip ekor ikan dan untuk mengambil nafas ketika kepala muncul di permukaan air. Jenis gaya ini sendiri merupakan gaya renang yang paling sulit dan paling lama untuk dipelajari daripada gaya lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>