Inilah 3 Waktu Terbaik Bagi Anda untuk Melakukan Olahraga Saat Puasa

Puasa bukan menjadi halangan untuk tetap melakukan rutinitas sehari-hari seperti halnya berolahraga. Bahkan, olahraga saat puasa berpotensi menurunkan kalori lebih banyak dari hari biasa. Namun, mengingat olahraga yang dilakukan saat perut kosong kemungkinan bisa berdampak buruk, sebaiknya saat tengah berpuasa jangan sembarangan melakukan olahraga. Ketika puasa tetap perhatikan intensitas dan waktu olahraga agar kedua kegiatan tersebut tidak saling mengganggu atau bagaimana supaya olahraga dan puasa bisa dijalankan bersamaan.

Inilah 3 Waktu Terbaik Bagi Anda untuk Melakukan Olahraga Saat Puasa

Oleh karena itu, berikut informasi mengenai waktu-waktu yang paling baik bagi Anda untuk melakukan olahraga saat puasa:

Sebelum buka puasa

Olahraga yang dilakukan tepat sebelum berbuka puasa bisa menjadi pilihan yang pas bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini karena berolahraga saat perut kosong dapat menghilangkan lebih banyak lemak.  Namun, Anda harus ingat waktu ini adalah saat-saat dimana energi yang tersisa di tubuh Anda tinggal sedikit. Jadi, jangan terlalu memaksakan diri. Jangan sampai Anda justru jatuh sakit dan merasa lemas atau pusing sehabis olahraga. Oleh sebab itu lebih baik batasi waktu olahraga maksimal 60 menit.  Waktu sebelum berbuka baik untuk olahraga karena setelah berolahraga Anda bisa segera mengganti energi yang terkuras dengan makan saat berbuka. Anda juga tidak perlu khawatir akan bayang-bayang mengalami dehidrasi ataupun gula darah rendah.

Setelah buka puasa

Setelah buka puasa adalah waktu terbaik untuk melakukan olahraga selama bulan puasa. Sebelum memulai, tunggu sampai makanan dicerna oleh tubuh sehingga Anda mendapatkan energi kembali. Karena energi Anda sudah terisi kembali, Anda bebas melakukan berbagai jenis olahraga apapun yang diinginkan. Dari intensitas yang ringan sampai berat, termasuk olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot. Anda bisa berolahraga selama dua sampai tiga jam.

Setelah sahur

Anda juga dapat melakukan olahraga saat puasa pada waktu setelah sahur. Hal ini dikarenakan tubuh telah menerima energi dari makanan yang Anda santap saat sahur. Tentunya itulah kenapa Anda bisa melakukan olahraga pada saat ini. Meskipun begitu, olahraga yang dilakukan setelah sahur disarankan kategori olahraga dengan intensitas ringan. Olahraga setelah sahur baik untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Perlu diingat bahwa Anda masih harus menahan diri dari makan dan minum seharian setelahnya, jadi sebaiknya Anda mempersiapkan energi sampai waktu buka puasa.

Baca juga: Mengenal Manfaat Olahraga Saat Puasa yang Belum Banyak Diketahui Banyak Orang

Ketiga waktu di atas hanya rekomendasi yang masih memerlukan pertimbangan karena, pada dasarnya waktu yang tepat untuk melakukan olahraga saat puasa tergantung pada diri masing-masing individu. Hal tersebut bergantung pada kekuatan setiap orang untuk berpuasa bisa berbeda-beda. Selama tidak ada dampak buruk bagi kesehatan seperti merasa lemas dan pusing setelah melakukan olahraga, melakukannya saat puasa tidak menjadi masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>