Ini Dia Tips Joging yang Bisa Anda Lakukan Agar Bisa Mendapatkan Manfaatnya

Joging merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan dan mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan untuk kesehatan. Seperti misalnya joging bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, mengurangi resiko penyakit jantung, membuat kualitas tidur meningkat, mencegah stress dengan lebih efektif, dan juga beberapa manfaat lainnya. Joging ini merupakan olahraga yang banyak dipilih karena mudah dilakukan dan juga murah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Hal tersebut karena joging bisa dilakukan di mana saja seperti di taman, di stadion, dan juga tempat lainnya. Selain itu persiapannya juga mudah dan tidak menyusahkan tanpa memakan banyak waktu. Misalnya saja tips joging yang tepat dan bisa dilakukan ketika akan melakukan joging adalah persiapan yang mudah seperti berikut ini:

Ini Dia Tips Joging yang Bisa Anda Lakukan Agar Bisa Mendapatkan Manfaatnya

  • Memilih sepatu yang tepat

Tips pertama untuk persiapan joging adalah dengan memilih jenis sepatu yang tepat. Ada banyak sekali jenis sepatu yang ada di pasaran dan beberapanya sangat pas dan bisa mendukung untuk joging. Misalnya saja sepatu yang pas untuk joging adalah sepatu lari atau running shoes yang memang didesain untuk membuat lari lebih nyaman. Sepatu lari cocok karena akan nyaman digunakan kaki ketika sedang joging. Hal tersebut karena sepatu lari mempunyai sol yang empuk serta lentur. Sehingga membuat lari lebih nyaman dan juga bisa menghindari cidera lebih efektif.

  • Memilih pakaian yang tepat

Tips selanjutnya yang bisa digunakan ketika akan melakukan joging adalah dengan memilih kostum yang akan dikenakan. Anda bisa untuk memilih pakaian yang nyaman seperti yang biasanya digunakan untuk olahraga. Tips joging yang bisa digunakan untuk memilih pakaian ini adalah dengan memilih bahan yang nyaman yaitu yang dapat menyerap keringat dengan baik seperti pakaian dari bahan polyester.

  • Menentukan jalur joging

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan joging adalah dengan menentukan jalur jogingnya. Ada banyak jalur dan lokasi yang bisa dipilih untuk joging yang dilakukan. Tetapi pastikan untuk memilih lokasi joging yang aman yang tidak banyak kendaraan yang lalu lalang. Seperti misalnya Anda bisa untuk memilih jalur joging seperti di stadion, taman umum, gedung olahraga, dan juga track joging yang ada di perumahan.

Baca juga: Intip 5 Perlengkapan Olahraga yang Akan Membuat Jogging Lebih Menyenangkan dan Berkualitas

  • Memilih waktu joging

Dan tips joging yang terakhir untuk persiapan yang tepat adalah dengan memilih waktu joging yang tepat. Ada banyak waktu joging yang bisa dipilih yaitu pagi hari, sore hari, hingga malam hari. Waktu tersebut bisa dipilih tergantung dari kebiasaan pelari sendiri, seperti untuk yang mampu bangun pagi maka akan sebaiknya memilih waktu pagi hari karena belum banyak polusi udara. Akan tetapi apabila tidak bisa maka bisa memilih waktu joging sore atau malam hari setelah beraktivitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>