Ini Dia Pilihan Tepat Olahraga Ibu Hamil Sesuai Usia Kandungan

Olahraga ibu hamil sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi ibu dan janin agar tetap sehat. Pemilihan jenis olahraga untuk ibu hamil memang tidak sembarangan karena bisa berpengaruh pada kondisi janin ataupun kondisi tubuh. Salah satu hal yang penting sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan olahraga yang tepat adalah usia kandungan. Dengan memilih jenis olahraga sesuai dengan usia kandungan maka manfaatnya dapat diperoleh dengan maksimal.

Ini Dia Pilihan Tepat Olahraga Ibu Hamil Sesuai Usia Kandungan

Agar tidak salah pilih jenis olahraga ibu hamil, berikut adalah informasinya untuk Anda:

  1. Usia kandungan 1 bulan. Ketika baru memasuki usia kandungan yang sangat muda ini memperbanyak aktifitas fisik yang ringan sangat baik. Jenis senam dengan gerakan ringan sangat berguna sehingga tubuh dan janin tetap sehat. Fokus utama ketika memasuki usia kandungan 1 bulan ini adalah melatih dan mengatur pernapasan agar lebih baik. Hal ini dikarenakan ibu hamil akan membutuhkan asupan oksigen yang lebih banyak dibandingkan yang tidak hamil. Dengan tambahan kebutuhan oksigen, akan berguna untuk tubuh dan juga janin dalam kandungan.
  2. Usia kandungan 2-3 bulan. Memasuki usia 2 bulan, Anda bisa memilih jenis olahraga seperti jalan-jalan ketika pagi atau sore hari. Kegiatan ini bisa dilakukan hingga bulan ke-3. Anda juga bisa menambah olahraga renang singkat ketika kandungan memasuki usia 3 bulan.
  3. Usia kandungan 4 bulan. Ketika memasuki usia ini Anda bisa melakukan beberapa olahraga sekaligus, yaitu jogging, berenang dan berjalan-jalan.
  4. Usia kandungan 5 bulan. Setelah memasuki usia kandungan ini Anda bisa mencoba olahraga latihan beban dalam posisi duduk.
  5. Usia kandungan 6 bulan. Olahraga yang cocok untuk usia kandungan ini adalah jogging, berenang, latihan beban, yoga, relaksasi dan jalan-jalan.
  6. Usia kandungan 7 bulan. Untuk usia kandungan ini Anda sebaiknya memilih olahraga lebih selektif. Jangan memilih olahraga latihan beban dan jenis olahraga yang berat. Alasannya adalah usia kandungan ini lebih rentan bila sembarangan memilih jenis olahraga.
  7. Usia kandungan 8 bulan. Usia kandungan ini cocok memilih senam hamil yang berbeda dari senam hamil ketika usia kandungan muda.
  8. Usia kandungan 9 bulan. Pada usia pilih jenis olahraga yang bisa membantu proses kelahiran seperti gerakan duduk bersila, merangkak, jongkok, gerakan kupu-kupu dan jalan kaki.

Simak Juga disini Tips Olahraga Air Berenang yang Aman untuk Ibu Hamil

Dalam melakukan olahraga ibu hamil sebaiknya lakukan dengan tepat sehingga bisa memaksimalkan manfaatnya. Bila Anda masih awam dengan beragam jenis olahraga yang tepat sebaiknya Anda melakukannya dengan orang lain yang lebih berpengalaman. Dengan demikian Anda akan terhindar dari kesalahan atau cidera. Kalaupun tidak Anda bisa menonton melalui video di internet sehingga Anda bisa mempelajari berbagai kegiatan yang tepat untuk olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>