Ini Dia Cara Berlatih Sepak Bola Ala Lionel Messi

Siapa yang tak kenal pemain klub sepakbola Barcelona ini? Lahir di Rosario, Argentina, pada tanggal 24 Juni 30 tahun silam, Lionel Messi telah berhasil menjadi bintang dan calon legenda di lapangan sepakbola. Ia memiliki skill dribbling yang luar biasa. Bahkan digadang-gadang sebagai penerus Diego Maradona. Hingga saat ini, posisinya sebagai penyerang utama memang tak tergantikan di klubnya, FC Barcelona. Bahkan Arsene Wenger pelatih Arsenal pernah menjulukinya sebagai pemain sepakbola alien. Bagi Anda yang berhobi sepak bola ini ada beberapa tips latihan ala Lionel Messi yang patut Anda coba:

Baca juga: Memilih Bola Sepak Berkualitas untuk Bermain Sepak Bola

  • Sedari kecil sudah menghabiskan waktu untuk bermain sepak bola.

Untuk bisa menjadi seperti El-Messiah, ia tak memiliki keajaiban apapun selain praktek setiap hari dengan waktu yang tidak singkat. Kuncinya adalah cintai permainan sepakbola sehingga Anda dapat melakukan latihan rutin setiap harinya. Anda bisa melatih skill dasar Anda untuk dribble sehingga lama-lama akan terbiasa dan keseimbangan Anda akan meningkat drastis tanpa Anda sadari.

  • Latihan mengecoh lawan.

Messi memiliki cara cerdas yang dia mainkan saat melakukan dribble melewati para lawan mainnya. Hal ini berguna agar bola tidak begitu jauh dari jangkauan kakinya dan tidak mudah direbut lagi oleh lawan. Justru dengan mendribble bola dengan perlahan maka lawan tak akan mudah menebak apa yang akan dilakukan untuk melewati mereka. Messi juga dikenal cerdas dalam hal mengamati ruang pergerakan musuh yang hendak merebut bola darinya. Setelah menerima operan, giring bola dengan perlahan setelah musuh menebak apa yang akan Anda lakukan, dorong bola ke arah yang berlawanan dengan kemiringan badan seperti lawan.

  • Fokus latihan meningkatkan kecepatan otot-otot kaki dan kecepatan refleks.

Agar bisa punya skill dribble seperti Messi, Anda harus menerapkan latihan yang cukup panjang untuk menunjang kemampuan Anda sampai batas yang Anda inginkan. Anda dapat berlatih peningkatan stamina Anda, rutin cardio dengan cara lari jogging dan athletic setiap harinya. Anda juga harus melatih keseimbangan dan kelenturan badan yang dapat berguna untuk manufer pada saat dribbling.

  • Menembak bola ke gawang.

Berikan tendangan yang tak hanya difokuskan untuk mencetak gol saja namun juga shock therapy bagi para lawan dengan cara menendang sekuat-kuatnya. Fokuskanlah pada sudut-sudut gawang lawan yang tidak dapat dijangkau dengan mudah oleh kiper. Lakukan chip saat kiper sudah terlalu maju ke depan meninggalkan gawang. Anda bisa berlatih sendiri bagaimana caranya menjangkau sudut-sudut tersebut dengan cara berulang kali menendang bola ke arah gawang. Jangan lupa, untuk bisa jadi pemain sepak bola profesional seperti Messi, Anda juga harus punya semangat yang kuat dan pantang menyerah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>