Ini Dia Alasan Mengapa Pemain Terkena Kartu Merah dalam Sepak Bola

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang terkenal di dunia dan mempunyai banyak penggemar. Biasanya terjadi banyak hal yang bisa terjadi di lapangan dari gol yang indah, gol yang dapat membalikkan keadaan, dan juga drama seperti diberikannya kartu kuning atau kartu merah yang diberikan oleh wasit. Apabila menerima kartu kuning biasanya pemain tetap masih bisa melanjutkan pertandingan. Tetapi tidak begitu dengan pemain yang menerima kartu merah dimana harus meninggalkan lapangan dan timnya akan melanjutkan pertandingan dengan jumlah pemain yang tersisa. Kartu merah memang hukuman berat yang bisa terjadi saat pertandingan yang biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini: 

Baca juga: 5 Tips Olahraga Sebelum Bermain Sepakbola Untuk Pemula

  • Akumulasi kartu kuning

Penyebab di keluarnya kartu merah yang pertama adalah karena ada akumulasi kartu kuning. Biasanya pemain akan menerima kartu kuning sebagai peringatan karena melakukan kesalahan yang kecil seperti pelanggaran yang tidak berbahaya. Akan tetapi apabila hal tersebut sudah berlangsung lama dan berulang kali dan ia telah mempunyai dua kartu kuning maka kartu kuning ketiga yang didapatkan akan dapat membuatnya terkena kartu merah. Oleh karena itulah pemain yang telah mendapatkan jumlah 3 kartu kuning akan langsung otomatis juga mendapatkan kartu merah dan tidak bisa untuk melanjutkan pertandingan tersebut. 

  • Melakukan pelanggaran berat

Alasan lainnya mengapa pemain sepak bola menerima kartu merah yang diberikan oleh wasit adalah karena terjadi pelanggaran berat. Pemain yang melakukan pelanggan berat yang dapat untuk mencelakai dan melukai lawannya biasanya akan langsung diberikan kartu merah. Dan terlebih apabila hal tersebut dilakukan dengan sengaja maka kartu merah menjadi ganjarannya karena telah melakukan pelanggaran berat. Selain dikeluarkan dari lapangan saat pertandingan, biasanya pemain yang menerima kartu merah karena melakukan pelanggaran berat ini juga akan menerima sangsi lainnya baik dari tim, federasi, dan juga biasanya akan menerima sangsi sosial. 

  • Melakukan rasis dan penghinaan

Pertandingan olahraga diharapkan dapat untuk memupuk rasa kebersamaan dan juga melawan banyak hal lainnya. Seperti salah satu yang paling dihindari oleh semua orang adalah tindakan rasis yang melibatkan penghinaan terhadap ras pemain. Biasanya pemain yang melakukan penghinaan dan juga melakukan tindak rasisme ini akan langsung dikeluarkan dengan diberikannya kartu merah terhadap dirinya. 

  • Melakukan protes yang berlebihan kepada keputusan wasit

Dan alasan terakhir mengapa pemain terkena kartu merah saat pertandingan sepak bola adalah karena protes secara berlebihan. Biasanya keputusan wasit memang kadang menjadi hal yang kontroversial. Akan tetapi bagi pemain yang melakukan protes secara berlebihan terlebih bukan kapten tim dan juga mengganggu jalannya pertandingan dan juga menjadi provokator akan langsung mendapatkan ganjaran kartu merah dan tidak bisa lagi melanjutkan pertandingan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>