Ini Dia 5 Tips Olahraga Mudah dan Sederhana untuk Para Pemula

Olahraga adalah sebuah kegiatan yang melibatkan gerak badan dan bertujuan untuk membuat tubuh agar tetap bugar sehingga dapat menjalankan aktifitas harian dengan lancar. Ada banyak sekali jenis olahraga yang sudah dikenal luas oleh masyarakat, mulai dari olahraga ringan sampai yang bersifat ekstrim dan membutuhkan ketrampilan tertentu agar bisa melakukannya. Meskipun olahraga merupakan kegiatan yang manfaatnya sudah tidak perlu di ragukan lagi, namun ada sebagian orang yang merasa sulit untuk melakukan olahraga dengan berbagai macam alasan. Oleh sebab itu, tips olahraga untuk para pemula sangat diperlukan agar selalu semangat dan termotivasi untuk memulai olahraga sedini mungkin.

Ini Dia 5 Tips Olahraga Mudah dan Sederhana untuk Para Pemula

Sebagai satu-satunya kegiatan yang menyehatkan tubuh, olahraga dapat Anda nikmati manfaatnya baik setelah Anda selesai melakukan kegiatan tersebut dan dalam jangka panjang. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa umumnya orang yang rajin berolahraga akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan berumur panjang. Untuk itu, di bawah ini akan kita bahas 5 tips mudah dan sederhana khususnya bagi para pemula agar semangat dan rajin berolahraga, antara lain:

  • Mulai dari yang paling mudah.

Karena masih sebagai pemula, sebaiknya pilih jenis olahraga yang mudah dan ringan seperti lari pagi minimal 15 menit namun dilakukan secara teratur.

Baca juga: Tips Olahraga Yang Cocok Untuk Para Lansia

  • Jangan memaksa.

Tips olahraga selanjutnya yaitu saat tubuh Anda sudah merasa lelah, akan lebih baik jika tidak menunda untuk memutuskan beristirahat. Jangan memaksa tubuh bekerja lebih keras jika masih dalam tahap pemula.

  • Rutin memeriksa denyut jantung.

Semua jenis kegiatan olahraga akan berpengaruh pada organ jantung. Sebaiknya lakukan pengecekan denyut jantung secara rutin untuk mengetahui apakah tubuh Anda dapat menerima dengan baik setiap aktifitas olahraga yang Anda lakukan atau tidak. Jika terasa sakit atau denyut jantung menjadi tidak normal, sebaiknya cari jenis olahraga ringan lainnya yang membuat Anda tetap nyaman.

  • Makan sebelum olahraga.

Karena pada saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat dan membakar kalori maka, jangan membiarkan perut dalam keadaan kosong. Sebaiknya Anda makan dalam jangka waktu 30 menit atau satu jam sebelum berolahraga.

  • Siapkan minuman isotonic.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki tekanan darah rendah, sebaiknya sedia minuman isotonic untuk mengantisipasi jika timbul gejala pusing. Selain itu, minuman isotonic juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Tidak hanya menyehatkan tubuh, kegiatan olahraga yang Anda lakukan dengan rutin dan teratur juga dapat membuat Anda tetap awet muda, membentuk dan menjaga berat badan agar selalu ideal. Sehingga secara otomatis kegiatan ini akan menjauhkan dari berbagai macam gangguan kesehatan dan segala jenis penyakit. Jika Anda mengikuti 5 tips olahraga mudah dan sederhana seperti di atas, maka sudah pasti Anda bisa menjalani gaya hidup sehat dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>