Ini Dia 5 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Jantung dan paru-paru merupakan 2 dari beberapa organ vital dalam tubuh kita. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan paru-paru berfungsi sebagai tempat keluar masuk udara dan penyuplai oksigen. Sebagai organ yang sangat vital, tentu kita wajib menjaga kedua organ tersebut agar kita dapat hidup sehat lebih lama. Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, antara lain:

  • Jauhi rokok dan polusi udara.

Sudah bukan rahasia lagi jika asap rokok dan rokok sendiri merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit berbahaya, termasuk sakit jantung dan paru-paru. Pun sama halnya polusi. Hindari kedua hal tersebut jika Anda ingin jantung dan paru-paru Anda tetap sehat.

  • Hindari makanan yang berlemak.

Makanan yang mengandung banyak lemak, terutama lemak tak jenuh/kolesterol seperti gorengan, daging merah, lemak daging (gajih), jeroan, kulit ayam, makanan cepat saji dan sebagainya adalah jenis-jenis makanan yang harus Anda hindari. Lemak tak jenuh/kolesterol dapat mengendap di saluran pembuluh darah dan menempel pada dinding luar jantung sehingga dapat menyebabkan seseorang terkena serangan jantung. Sebaliknya, konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran serta biji-bijian atau kacang-kacangan seperti oat, biji quinoa, chia seed, dan almond.

  • Hindari alkohol, perbanyak konsumsi air putih.

Alkohol juga merupakan jenis minuman yang tidak menyehatkan, malah berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan penyakit cardiopathy. Jika Anda tidak ingin menjaga kesehatan jantung atau paru-paru Anda, sebaiknya hindari konsumsi alkohol. Begitu juga dengan soda atau minuman berkarbonasi. Gantilah dengan air putih yang jelas-jelas netral dan menyehatkan serta sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi minuman yang menyehatkan seperti teh yang kaya akan kandungan antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas atau bisa juga jus buah/sayuran segar dan smoothies.

  • Olahraga rutin.

Olahraga juga sudah dikenal sedari dulu sebagai cara utama untuk menjaga untuk kesehatan tubuh. Olahraga memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari melatih koordinasi tubuh, memperkuat dan menyehatkan otot, menyehatkan jantung, membakar kalori, menjaga tubuh tetap ideal serta dapat dijadikan sebagai detoksifikasi atau proses pengeluaran racun dalam tubuh melalui keringat yang terbuang selama berolahraga.

  • Hindari stress.

Penelitian membuktikan bahwa stress dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dalam tubuh, termasuk penyakit jantung dan paru-paru. Menghindarkan diri dari stress dan depresi sama dengan menjaga kesehatan semua organ vital dalam tubuh. Ada banyak cara untuk menghindarkan diri dari stress, selalu berpikiran positif, banyak-banyak tersenyum, mencari hiburan atau rekreasi serta mengonsumsi makanan sehat yang mengandung kalium dan theobromine.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>