Ingin Membeli Sepatu Futsal? Empat Hal Ini Harus Anda Perhatikan!

Futsal merupakan salah satu olahraga yang banyak menggunakan gerakan kaki. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya cedera dan memaksimalkan performa, pemilihan sepatu futsal menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Namun, ada beberapa hal yang Anda perlu ketahui sebelum menentukan merk sepatu futsal yang akan dibeli. Berikut kami sampaikan beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli sepatu futsal.     

  1. Tentukan Jenis Lapangan

  Sebelum membeli sepatu futsal, Anda harus menentukan apakah nantinya Anda akan menggunakan sepatu futsal tersebut untuk di lapangan indoor atau outdoor? Sebab, terdapat beberapa perbedaan bahan sepatu yang nantiny akan menentukan performa Anda.   Misalnya, ada beberapa jenis lapangan futsal indoor, yaitu lapangan parquette atau vinyl. Lapangan parquette merupakan lapangan berlantai kayu. Biasanya Anda dapat menemukan lapangan parquetee di gelanggang olahraga. Untuk lapangan vinyl, biasanya Anda dapat menemukannya di arena pertandingan skala nasional maupun internasional. Jika Anda bermain di atas kedua lapangan jenis ini, maka Anda perlu memakai sepatu futsal indoor.

Jenis lapangan lainnya adalah lapangan dengan rumput sintetis. Jika Anda bermain futsal di atas lapangan jenis ini, maka Anda harus menggunakan sepatu futsal outdoor.   Perbedaan antara sepatu futsal indoor dan outdoor adalah solnya. Pada sepatu indoor, solnya memiliki permukaan yang datar dan tidak bergerigi. Biasanya warnanya putih, transparan, atau cokelat. Fungsi permukaan sol yang rata adalag sebagai daya cengekram pada permukaan lapangan agar Anda tidak terpeleset. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah mengontrol bola dengan sepatu jenis ini. Sebaliknya, untuk sepatu futsal yang didesain untuk pemakaian outdoor, solnya tidak rata dan lebih bergerigi. Selain itu, perbedaan lainnya adalah desain yang lebih stabil, namun sedikit kaku. Desain ini dikhususkan agar Anda tidak mudah terpeleset saat berada di atas lapangan yang terbuat dari rumput sintetis.  

  1. Ukuran yang Pas

  Ukuran sepatu futsal yang pas dapat menghindari Anda agar tidak terjadi cedera saat bermain di lapangan. Anda perlu memberikan jarak yang cukup, kurang lebih sekitar 1 cm antara jari kaki dan bagian dalam ujung sepatu. Artinya, Anda perlu memilih sepatu yang ukurannya pas untuk Anda, tidak terlalu sempit atau sebaliknya. Anda juga perlu menggunakan kaos kaki, mengencangkan tali sepatu, dan berjalan beberapa langkah untuk mencobanya.  

  1. Tersedia Toe protector

Selain memperhatikan panjang ukuran kuku kaki sebelum memakai sepatu futsal, Anda juga perlu memeriksa ketersediaan toe protector. Hal ini penting karena futsal merupakan salah satu olahraga yang memerlukan control bola dan seringkali hal itu dilakukan oleh ujung jari kaki. Jadi, pilihlah sepatu yang dilengkapi dengan toe protector agar ujung jari kaki Anda tetap aman.  

  1. Harga

  Harga jual sepatu futsal di pasaran sangat beragam. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Salah satu contoh sepatu futsal yang dijual adalah merk Specs dengan tipe Metasala Warrior. Sepatu ini dijual dengan hara Rp 479.000,00. Sepatu futsal yang benbentuk “V” ini menggunakan teknologi vertecs sehingga dapat meningkatkan kerapatan di antara jari-jari kaki, namun tetap dapat bergerak dengan stabil, aman, dan nyaman. Selain itu, ada juga merk lain dari Adidas dengan tipe Predator Tango 19.3 Indoor Shoes. Sepatu ini dibanderol dengan harga Rp 1.300.000,00. Desain yang elegan dan modern menjadikan sepatu ini menjadi primadona bagi banyak orang. Sepatu ini didesain dapat mencengkeram pergelangan kaki lebih erat sehigga dapat lebih nyaman saat digunakan saat bermain di lapangan.