Info Olahraga tentang Permainan Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola sebagai pusat permainannya. Fokus utama olahraga ini tentu membuat gol paling banyak untuk bisa menang dari lawan. Bola merupakan olahraga yang sangat digemari di dunia sehingga apapun info olahraga tentangnya sangat dicari.

Info Olahraga tentang Permainan Sepak Bola

Bola sepak pada umumnya terbuat dari kulit dan dibuat sedemikian rupa hingga mudah dimainkan. Dua kelompok saling berlawanan tersebut masing-masing beranggotakan sebelas orang pemain untuk tim inti dan beberapa pemain untuk cadangan. Maka dari itu, sepak bola biasanya disebut sebagai kesebelasan. Info olahraga tentang siapa pemenang dalam sebuah pertandingan biasanya juga sangat dicari oleh berbagai penggila bola. Dalam sebuah permainan ini, jika hasil yang didapat dari dua belah tim berimbang, maka akan dilakukan perpanjangan waktu hingga adu penalty.

Tidak pernah ada sejarah nyata kenapa bola seolah menjadi olahraga nomor satu di dunia. Yang pasti, setiap musimnya, berbagai supporter memenuhi lapangan dengan ornamen tim yang bervariasi serta yel-yel pendukung. Inilah mengapa bola menjadi olahraga paling populer di dunia. Sepak bola tidak hanya soal gol terbanyak, melainkan juga penilaian skill, teknik mengocek bola, hingga jejeran latar belakang pemainnya sangat menarik untuk disimak. Banyak info-info olahraga tentang transfer pemain bola yang menjadi hot topic berbagai laman surat kabar online di seluruh dunia.

Permainan sepak bola ini awal mulanya menurut sejarah, berasal dari abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok. Pada masa itu, dinasti yang berkuasa adalah Dinasti Han dengan lapisan masyarakatnya yang melakukan permainan dengan menggiring bola kulit ke dalam sebuah jaring kecil. Di negara satu kawasannya yaitu Jepang, permainan ini juga dilakukan dengan sebutan Kemari. Di dunia barat pun tidak ketinggalan. Italia menjadi tempat pertama dimana bola ini dimainkan pada abad ke-16.

Di daratan Eropa di belahan Inggris menjadi tempat berkembangnya sepak bola modern hingga Raja Edward III melarangnya dimainkan pada tahun 1365. Meskipun dilarang, namun pada tahun 1815, tanpa diduga permainan ini menjadi iconic dan terkenal di lingkungan Universitas dan sekolah di Inggris Raya. Pada tahun 1863 bersamaan dengan pemisahan antara rugby dan bola, permainan ini telah menjelma menjadi sebuah olahraga favorit hampir semua kalangan.

Mulai dari tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk. Asosiasi ini membuat sebuah Kejuaraan sepak bola internasional terbesar di dunia yaitu Piala Dunia. World Cup diadakan setiap empat tahun sekali dengan pertandingan pertamanya di Uruguay pada tahun 1930. Selain World Cup, mungkin banyak yang tidak tahu jika kompetisi international sepak bola tertua di dunia adalah Copa America yang ada setiap dua tahun sekali dan dimulai pada tahun 1916.

Baca juga: Tips Olahraga untuk Mengecilkan Paha

Demikianlah info olahraga tentang permainan sepak bola yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>