Hal-hal Penting yang Wajib Anda Persiapkan Sebelum Melakukan Olahraga Lari Marathon

Lari merupakan salah satu jenis olahraga atletik yang banyak diminati oleh masyarakat, baik dari lari jarak panjang, pendek ataupun estafet. Semuanya mempunyai fungsi yang sama yaitu membuat kondisi tubuh tetap sehat dan selalu bugar. Salah satu olahraga lari yang paling banyak diminati adalah marathon. Banyak yang mengatakan bahwa melakukan lari lebih dari 50 kilometer itu mustahil, tetapi dalam kenyataannya memang jarak tersebut bukanlah jarak mustahil untuk dilalui. Untuk melakukannya memang memerlukan kesabaran, ketekunan dan tekad yang tinggi supaya dapat mencapai finish.

Marathon sendiri tidak bisa dilakukan tanpa adanya persiapan khusus, sekalipun itu sudah menjadi aktivitas yang sering dilakukan. Maka dari itu banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum hari H melakukan marathon. Berikut ini hal-hal yang penting dan wajib dilakukan sebelumnya yaitu:

  • Jaga stamina tubuh.

Dari beberapa pengalaman para pelari marathon dapat dikatakan lebih dari 50% pelari selalu mengalami cidera. Mulai dari tulang patah, keseleo, nyeri tumit, tulang kering atau masalah tubuh lainnya. Sebaiknya sebelum melakukan olahraga tersebut Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Sebelum hari H banyak latihan yang dilakukan dan lihat seberapa banyak masalah yang timbul. Selain itu juga Anda harus cerdas melakukan latihan, asupan yang cukup, cairan yang cukup dan hindari hal lainnya yang beresiko Anda terserang berbagai penyakit ringan sampai dengan berat.

  • Atur pola makan.

Jangan pernah lupa untuk selalu memberikan asupan makan yang menambah energi Anda sebelum melakukan olahraga lari marathon. Perhatikan dari mulai karbohidrat, serat dan juga vitamin lainnya yang sangat berpengaruh pada kondisi fisik Anda saat akan melakukan olahraga tersebut. Untuk waktu makanya juga perlu Anda perhatikan lebih baik 3 atau 6 jam sebelum olahraga harus sudah makan.

  • Jadwal latihan mingguan.

Untuk melakukan latihan sendiri harus Anda atur sesuai dengan jadwal yang tepat, sebaiknya dalam satu minggu Anda sempatkan untuk melakukan lari jarak jauh satu kali. Minimal jarak tempuh 20 sampai dengan 40 kilometer sebelum Anda melakukan marathon yang sesungguhnya.

  • Istirahat cukup.

Kemudian perhatikan juga waktu istirahat yang cukup untuk menjaga stamina saat Anda melakukan marathon tetap baik. Maksimalnya Anda bisa melakukan tidur malam 8 sampai dengan 9 jam. Selain membuat Anda lebih siap istirahat cukup juga membuat kekebalan tubuh Anda meningkat.

Nah, dari beberapa tips diatas Anda bisa perhitungkan sendiri antara jadwal latihan, istirahat pola makan dan lainnya. Selain itu juga yang tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum Anda melakukan jenis olahraga lari marathon adalah persiapan peralatan lari yang nyaman dan pas untuk tubuh Anda misalnya dari sepatu, kacamata, baju atau lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>