Faktor Penyebab dan Gejala Cedera Engkel Kaki  

Kecelakaan dalam olahraga merupakan hal yang sangat umum terjadi, karena langkah atau cara yang diambil salah atau bahkan disebabkan oleh kurangnya pemanasan, sehingga beberapa bagian tubuh akan mengalami cidera. Salah satu yang paling sering terjadi adalah cedera engkel. Hal ini terjadi karena terjatuh saat berolahraga atau kegiatan yang lainnya, sehingga menyebabkan beberapa bagian tulang ikat yang ada pada sendi mata kaki mengalami robekan, tentunya menyebabkan rasa yang sangat sakit, apalagi ketika digunakan untuk berjalan.

 Faktor Penyebab dan Gejala Cedera Engkel Kaki  

Meskipun hal ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun akan tetap menganggu aktivitas, sehingga diperlukan langkah pengobatan secara khusus agar tidak bertambah parah. Kondisi yang satu ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor, diantaranya adalah:

 

  1. Sudah pernah mengalami cedera engkel di tempat yang sama, faktanya adalah beberapa orang yang pernah cedera, maka akan rendah mengalami hal yang sama, tentunya di tempat yang sama, karena kondisi tulang ikat yang tidak begitu kuat, sehingga rentan untuk robek kembali.
  2. Berjalan atau berlari di permukaan yang tidak rata, jika kondisi jalanan yang di pijak tidak rata, terkadang kaki sering kali miring dan jatuh, hal inilah yang memicu terjadinya robekan pada jaringan ikat yang ada pada kaki. Jadi waspada ketika akan jalan-jalan ke tempat kepermukaan tidak rata, apalagi untuk yang hobby mendaki.
  3. Mengenakan sepatu yang tidak pas, olahraga tertentu mewajibkan Anda untuk menggunakan satu jenis sepatu tertentu juga, hal ini disebabkan karena satu jenis olahraga misalnya sepak bola dilakukan di lapangan berumput, membutuhkan sepatu yang dilengkapi dengan daya cengkram tinggi sehingga tidak menyebabkan terjatuh atau terpeleset. Begitu juga dengan olahraga basket yang dilakukan pada lapangan bersih, namun agak licin, maka membutuhkan jenis sepatu yang sesuai juga.
  4. Olahraga-olahraga dengan banyak pergerakan kaki juga paling rentan menyebabkan terjadinya cidera bagian engsel, karena bagian yang bergerak adalah kaki, mulai dari berlari hingga menendang, sehingga resiko kerusakan juga pada jaringan ikat di area tersebut.

Baca Juga : Gejala Cedera Hamstring dan Langkah Pengobatannya  

Beberapa macam gejala yang harus Anda ketahui diantaranya adalah:

 

  1. Ada sentakan pada bagian mata kaki, utamanya ketika digunakan untuk menedang sesuatu atau selepas jatuh tersebut.
  2. Rasa sakit yang terjadi pada saat terjadi sentakan, juga setelahnya, Anda akan kesulitan dalam menggerakkan bagian tersebut setelahnya.
  3. Kulit sekitar mata kaki yang mengalami cedera tersebut akan lebam dan nampak membiru.
  4. Pada kondisi yang parah maka bagian tersebut akan mengalami mati rasa, karena kondisi syaraf yang memang sedang bermasalah.

 

Hati-hati wajib untuk dilakukan langkah pertolongan pertama pada cedera engkel ini agar tidak bertambah parah, salah satunya dengan mengompres menggunakan air es.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>