Empat Makanan Sehat Untuk Atlet Renang

Makanan sehat – Para atlet dalam cabang olahraga renang pasti membutuhkan segala macam makanan yang sehat dan bergizi. Karena dengan menjaga pola makan, otomatis tubuh mereka akan bugar dan bertenaga. Dengan begitu mereka para atlet renang dapat menampilkan performa yang terbaik

Jika Anda adalah seorang perenang anda harus menjaga pola makan Anda, agar nutrisi di dalam tubuh Anda senantiasa terjaga. Anda pun mau tidak mau harus membuat pilihan yang cerdas menu makanan sehat setiap waktu, untuk menjaga kondisi tubuh Anda.

Di bawah ini ada empat makanan sehat untuk atlet renang menurut pakar kesehatan dan olahraga. Simak ulasannya sebagai berikut.

Baca juga: 8 MAKANAN SEHAT BUAT JANTUNG ANDA

  1. Lemak

Meskipun lemak harus dihindari, namun tubuh juga tetap memerlukan lemak sebagai sumber energi dan sarana bagi nutrisi-nutrisi lain untuk beredar di seluruh tubuh, begitupula untuk perenang. Yang perlu diperhatikan adalah jumlah dan jenis lemaknya. Dalam menu makanan atlet renang hanya boleh mengonsumsi lemak sekitar 15 – 20 persen dari total konsumsi kalori per hari. Jenis lemak yang harus dihindari sebisa mungkin adalah lemak jenuh dan lemak trans (gorengan-gorengan).

  1. Protein

Tubuh memerlukan protein untuk membangun dan memelihara jaringan otot, serta menjaga kerja enzim dan hormon. Prosentase konsumsi protein yang disarankan untuk perenang sekitar 20 – 25 persen dari total kalori yang dikonsumsi dalam 1 hari.

Perenang harus sebisa mungkin untuk memilih protein rendah lemak dan menghindari potongan daging yang penuh lemak, daging olahan, dan makanan cepat saji. Pilihan protein yang baik bagi perenang bisa didapatkan dari daging ayam, kalkun, telur, ikan, tahu-tempe, dan susu rendah lemak.

  1. Cairan

Air adalah hal penting yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Renang termasuk olahraga yang dapat membuat tubuh dehidrasi dengan cepat, karena itu sangat penting untuk mengonsumsi air sekitar 2,5 liter hingga 3,5 liter per harinya.

Minuman bersoda dan jus tidak dianjurkan sama sekali. Kamu boleh mengonsumsi minuman olahraga (sports drinks) jika melakukan latihan lebih dari 1 jam, namun perhatikan label minuman tersebut untuk melihat kadar gula dan natriumnya. Pilih minuman olahraga yang rendah kandungan gula dan natrium.

  1. Karbohidrat

Umumnya makanan yang dikonsumsi para perenang, yaitu antara 50 persen hingga 60 persen harus dalam bentuk karbohidrat kompleks, karena karbohidrat adalah yang paling efisien untuk digunakan oleh tubuh selama latihan. Sumber karbohidrat yang direkomendasikan adalah biji-bijian utuh, seperti sereal, beras merah, pasta gandum, dan roti gandum

Semoga ulasan makanan sehat untuk atlet renang di atas bisa bermanfaat bagi Anda dan bisa dijadikan referensi. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>