Home Beauty Jangan Sembarangan, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Melakukan Diet Keto!       

Jangan Sembarangan, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Melakukan Diet Keto!       

by Erin Nuzulia
diet keto

Pernah mendengar soal diet keto? Diet keto adalah diet dengan pola makan tinggi lemak dan hampir tidak ada karbohidrat serta gula. Metode diet ini populer beberapa waktu terakhir karena dianggap cara cepat untuk menurunkan berat badan. Banyak yang mengatakan bahwa bisa menurunkan berat badan hingga 20kg hanya dalam waktu 3 bulan saja. Namun demikian, diet keto masih menjadi kontroversi. Cara diet keto ini dianggap berbahaya bagi kesehatan. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan diet keto, Anda harus mengetahui betul protokol dan juga risikonya. Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan apakah kondisi tubuh Anda cukup prima dalam menjalankan metode diet ini.

diet keto

Jangan Sembarangan, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Melakukan Diet Keto!

Pengertian

Penjelasan simpel mengenai diet keto ini adalah diet yang sangat rendah karbohidrat dan gula serta memperbanyak asupan lemak dan protein dalam jumlah sedang. Tujuan mengonsumsi lemak ini agar tubuh dapat mencapai kondisi yang dinamakan dengan ketosis. Dalam kondisi ketosis, tubuh akan menggunakan lemak tubuh sebagai sumber energi utama. Asupan lemak akan diubah menjadi keton pada liver dan inilah yang menyuplai energi untuk otak.

Metode diet ini cukup kontroversial. Pasalnya, banyak yang sangsi mengenai keefektifan diet ini dan juga beranggapan justru akan memicu permasalahan kesehatan yang lain seperti asam urat dan kolesterol. Sedangkan, ada beberapa studi yang menyatakan bahwa diet keto aman dilakukan dan cukup efektif untuk mengatasi obesitas.

Manfaat Diet Keto

Sebenarnya, selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, diet keto juga memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit lain. Misalnya pada penderita diabetes tipe 2, metode diet ini dianggap baik karena akan mengontrol asupan gula yang masuk ke tubuh. Diet rendah karbohidrat ini juga dianggap mampu menurunkan gula darah. Menurunkan kadar gula ini juga mampu meningkatkan kepekaan insulin tubuh sehingga juga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Namun perlu diperhatikan, bahwa pada penderita diabetes melitus tipe 2 perlu rajin mengecek gula darah. Hal ini bertujuan agar jangan sampai mereka justru mengalami hipoglikemi atau kadar gula darah yang di bawah normal. Kondisi ini justru lebih berbahaya bagi kesehatan.

Manfaat lain dari diet keto ini adalah dianggap mampu meringankan gejala epilepsi. Pada beberapa penelitian, diet ini sukses menurunkan frekuensi kejang pada anak yang telah menjalankan diet keto selama kurang lebih satu tahun. Diet keto juga dianggap mampu mengurangi risiko terjadi gangguan sistem saraf lainnya seperti Alzheimer, parkinson dan lain sebagainya. Terakhir, diet ini juga dianggap mampu untuk mengatur hormon menjadi lebih normal. Sehingga keluhan seperti jerawat, PCOS dan gangguan hormon lainnya menjadi berkurang bahkan hilang.

Cara Diet Keto Yang Benar

Sekali Anda memutuskan untuk melakukan diet keto, Anda harus menjalaninya dengan benar. Hal ini agar tidak menjadi bumerang bagi Anda yang justru menyebabkan penyakit di lain hari. Standar pola makan yang diterapkan adalah 75% konsumsi lemak, 20% konsumsi protein dan 5% konsumsi karbohidrat. Adapun lemak yang dianjurkan dikonsumsi berasal dari lemak hewani maupun nabati. Bisa berasal dari ikan, ayam, daging sapi, dan lain sebagainya namun pastikan porsi lemak lebih banyak dari proteinnya. Turunan dari lemak hewani seperti mentega dan keju juga boleh dikonsumsi.

Adapun untuk lemak nabati bisa berasal dari alpukat, kacang kacangan, minyak kelapa, minyak zaitun dan lain sebagainya. Untuk asupan sayur boleh namun dalam jumlah yang kecil. Sebisa mungkin hindari konsumsi beras, tepung tepungan, umbi dan sumber karbohidrat lainnya. Jangan lupa untuk menghentikan konsumsi gula dan menggantinya dengan pemanis buatan yang rendah gula.

diet keto

Diet ini ada yang mengombinasikannya dengan jendela puasa. Metode ini dikenal dengan ketofastosis atau keto dalam keadaan fasting (puasa). Metode diet ini dianggap mempercepat tubuh mencapai kondisi ketosis. Untuk menunjang keberhasilan metode diet keto, sangat disarankan Anda melakukan olahraga rutin setiap hari dan juga beristirahat yang cukup.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More