Deretan Jenis Olahraga Tradisional yang Masih Populer dan Manfaatnya

Hidup dijaman modern seperti sekarang ini memang sangat mudah, terlihat bagaimana banyaknya alat modern yang muncul untuk membantu dan memanjakan semua orang dalam melakukan kegiatan. Seperti halnya olahraga, mungkin orang jaman sekarang tidak mengenal baik berbagai jenis olahraga tradisional yang diciptakan dari setiap kebudayaan masing-masing wilayah. Ya, karena memang masyarakat modern lebih mudah melakukan olahraga dengan datang ke tempat fitness dan sudah tersedia banyak sekali alat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar setiap harinya. Apakah Anda salah satu masyarakat modern yang tidak mengenal hal tersebut?

Deretan Jenis Olahraga Tradisional yang Masih Populer dan Manfaatnya

Meskipun sudah ada banyak sekali perubahan yang ada dalam lingkungan masyarakat saat ini, tidak ada salahnya juga membicarakan hal yang lebih dahulu ada. Jadi meskipun Anda sering melakukan ditempat fitness namun tidak ada salahnya untuk dapat mengenal baik apa saja macam olahraga yang telah ada sejak jaman dahulu. Berikut ini akan dibahas secara runtut olahraga apa saja yang masih populer sampai dengan saat ini beserta manfaatnya yaitu:

  • Pencak silat.

Secara umum olahraga satu ini cukup terkenal di masyarakat Indonesia, tetapi karena menjadi salah satu jenis kegiatan tradisional membuat banyak orang enggan melakukan. Ini merupakan olahraga yang membutuhkan kekuatan otot tangan ataupun kaki. Jadi sederhananya ini merupakan gerakan atau seni bela diri untuk mempertahankan dari serangan musuh. Manfaatnya banyak sekali selain dari fisik juga akan Anda dapatkan secara mental dalam kehidupan keseharian.

  • Sepak takraw.

Jenis kedua ini ada perpaduan antara sepak bola dan bola volley sehingga menghasilkan jenis permainan yang cukup seru. Untuk olahraga tradisional satu ini memerlukan ketangkasan kaki dan juga tubuh. Manfaat besar yang akan Anda dapatkan dari permainan satu ini, selain kesehatan fisik juga akan mendapatkan kebahagiaan dari permainan tersebut.

  • Tarik tambang.

Untuk jenis satu ini pasti sudah tidak asing di masyarakat karena ciri khas yang sering dijadikan sebagai ajang perlombaan saat kemerdekaan. Ya, pada kegiatan ini diperlukan kekuatan fisik secara umum dari masing-masing anggota yang melakukan kerjasama. Bukan hanya tangan untuk menarik tetapi juga perlu kaki yang kuat untuk bisa menahan.

  • Engrang.

Dahulu olahraga sekaligus permainan ini cukup populer sekali di masyarakat, namun sekarang sudah mulai hilang. Apalagi untuk menemukan alat yang digunakan sudah cukup sulit karena menggunakan bambu asli.

Baca juga: Berbagai Olahraga Tradisional di Jawa Barat

Selain diatas sebenarnya masih ada banyak sekali jenis olahraga jaman dahulu yang mulai menghilang akibat pergeseran jaman. Anda sebagai generasi penerus seharusnya memahami hal itu, minimal mengerti jenisnya meskipun tidak bisa melakukannya. Untuk manfaat yang didapatkan dari olahraga tradisional tentu saja berbeda dari pada umumnya, bahkan lebih besar. Bukan hanya fisik dan mental saja tetapi menyangkut kebahagiaan saat melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>