Daftar Peralatan Olahraga Yang Wajib Untuk Panjat Tebing

Olahraga yang satu ini dikenal sebagai salah satu kegiatan yang cukup ekstrem yang bisa mengancam nyawa apabila tidak dilakukan sesuai standard. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan maka diperlukan peralatan olahraga yang memang dibutuhkan pada saat melakoni panjat tebing.

Daftar Peralatan Olahraga Yang Wajib Untuk Panjat Tebing

Untuk menambah informasi bagi kalian yang ingin mencoba maka sebaiknya baca terlebih dahulu ulasan di bawah ini untuk menambah informasi mengenai peralatan olahraga apa saja yang diperlukan bagi seorang pemanjat tebing.

Berikut daftar sepatu untuk panjat tebing :

  • Rope

Ini merupakan daftar wajib yang harus dimiliki jika ingin melakukan panjat tebing karena tali memiliki fungsi sebagai pengaman jika pemanjat terjatuh. Maksimal panjang tali yang digunakan untuk memanjat adalah 50m. Di dunia panjat tebing tali dikenal dengan kernmatel yang terbagi menjadi 3 jenis yaitu statis,dinamis, dan juga semi.

  • Carabiner

Peralatan olahraga selanjutnya yang wajib digunakan adalah carabiner atau cincin kait, fungsinya adalah untuk menghubungkan. Bisa menghubungkan tali dengan pemanjat, antar tali, ataupun pemanjat dengan anchor.

  • Sling

Alat yang terbuat dari dari prusik ini memiliki fungsi juga sebagai penghubung pengaman dengan anchor dan juga untuk mengurangi gaya gesek serta mengurangi gerakan yang bisa menambah beban.

  • Harness

Memiliki kegunaan untuk pengaman pemanjat pada sat di tebing, biasanya harness diikatkan pada pinggang. Selain itu harness juga memiliki fungsi untuk menahan beban tubuh sehingga saat terjatuh beban akan terdistribusi ke tali sehingga tidak mematahkan pinggang.

  • Helm

Penggunaan helm disini sangat penting untuk melindungi bagian tubuh terlemah yaitu kepala yang mungkin akan mengalami benturan pada saat terjatuh yang bisa berakibat fatal.

  • Sepatu

Diperlukan sepatu sebagai peralatan olahraga panjat tebing karena sepatu memiliki fungsi untuk melindungi kaki pada saat pemanjatan.

Baca juga: Pilihan Bahan yang Nyaman untuk Pakaian Olahraga

  • Descender

Alat ini memiliki fungsi sebagai alat bantu pada saat turun, terdapat beberapa jenis descender yaitu figur of eight,auto stop,grigi, dan juga shunt.

  • Ascendeur

Ascendeur memiliki fungsi untuk membant pemanjat pada saat naik tebing. Memiliki prinsip kerja yang akan semakin mencekram pada saat diberi beban begitupun sebaliknya.

  • Phiton

Berupa paku tebing yang memiliki fungsi untuk pengamanan yang kalsik. Terdapat 2 jenis yaitu jenis blade dan angle. Cara penggunaanya adalah dengan menyelipkan phiton pada celah tebing atau bisa juga dipukulkan pada tebing menggunakan hammer.

  • Pulley

Peralatan olahraga yang selanjutnya adalah pulley , memiliki fungsi untuk membelokkan arah dari suatu gaya akibat beban. Terdapat beberapa bentuk pulley se[erti fixed,rescue,oscillante, dan juga tandem.

Pahami ulasan diatas adanya beberapa peralatan olahraga yang wajib digunakan bagi pemanjat tebing, masih ada beberapa lagi yang juga perlu disiapkan saat akan melakukan olahraga ini, tetap waspada serta hati-hati saat berolahraga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>