Cara Olahraga Senam Ibu Hamil yang Paling Tepat untuk Perlancar Proses Persalinan

Ketika sedang hamil, bukan berarti Anda tidak boleh melakukan aktivitas seperti olahraga, melakukan gerakan olahraga ini malah sangat dibutuhkan agar memperlancar sirkulasi darah serta memudahkan proses persalinan Anda. Namun ada hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan aktivitas olahraga ini. Anda harus mengetahui cara olahraga yang benar dan mengetahui waktu yang paling tepat untuk melakukannya. Salah satu olahraga yang dapat Anda lakukan seperti senam hamil. Ada di umur kehamilan 7 bulan, ada gerakan-gerakan senam yang bisa Anda lakukan dengan aman dan mudah.

Gerakan pertama, senam kegel. Senam kegel memiliki gerakan yang sangat mudah dan dapat Anda lakukan dimanapun. Bagaimana cara senam kegel? Caranya, Anda hanya perlu mengkontraksikan otot di saluran kencing dan juga vagina dengan cara melakukan gerakan seperti menahan kencing selama beberapa detik. Senam ini dapat Anda lakukan hingga 10 kali dalam sehari, ketika sedang duduk atau sedang berdiri. Selain dapat menguatkan otot panggul dan mempermudah proses kelahiran, senam kegel juga berfungsi melatih otot yang berada di sekitar daerah uretra, rektum, kandung kemih, rahim dan bermanfaat untuk mengencangkan vagina.

Cara olahraga senam ibu hamil yang kedua dengan posisi yoga kupu-kupu. Senam dengan pose kupu-kupu dapat Anda lakukan untuk melatih otot paha serta mengurangi resiko sakit punggung yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Cara untuk melakukan gerakan kupu-kupu ini juga begitu mudah. Anda hanya perlu duduk bersila dengan posisi punggung yang tegak, setelah itu pertemukan kedua telapak kaki depan kemudian dorong hingga menyentuh lantai. Tahan posisi selama kurang lebih 20 detik. Anda dapat mengulangi hal ini selama beberapa kali dalam sehari. Cukup mudah bukan?

Baca Juga : Tips Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil

Ketiga, senam dengan posisi jongkok. Gerakan senam dengan posisi jongkok akan memperkuat otot yang berada di sekitar paha dan panggul sehingga berguna sebagai pelancar proses persalinan. Untuk melakukan gerakan senam jongkok. Anda bisa memulainya dengan memposisikan tubuh dengan berdiri tegak dan turunkan badan secara perlahan hingga tegak punggung dan badan tegak lurus, kemudian bernafas secara normal dan tahan selama 10 detik. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda dapat mengulangi gerakan senam ini beberapa kali dalam sehari, namun jika sudah merasa kecapekan, Anda tidak perlu memaksakan diri.

Keempat, senam dengan mengangkat panggul. Senam dengan gerakan seperti mengangkat panggul ke arah atas memiliki manfaat sebagai pengencang otot perut serta memberikan rasa rileks selama persiapan persalinan. Anda dapat melakukannya dengan berbaring terlentang dan lutut di tekuk, setelah itu tarik nafas melalui hidung dan kencangkan otot bokong dan perut, pastikan punggung rata dengan matras, angkat panggul ke atas dan tahan selama 7 tarikan nafas, setelah selesai kembali posisi awal dengan perlahan.

Cara olahraga yang terakhir dengan menggunakan bal. Untuk melakukan senam hamil sebenarnya Anda juga dapat menggunakan bantuan bal. Senam ini begitu berguna untuk menjaga keseimbangan selama masa kehamilan serta menguatkan otot perut. Dengan cara ini, Anda akan menjadi lebih rileks sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang berada di punggung bawah. Sebenarnya ada begitu banyak gerakan senam hamil yang dapat Anda lakukan menggunakan bal. Namun untuk pemula, lebih baik Anda melakukan pose yang sederhana. Anda hanya perlu duduk bersantai di atas bal dengan punggung yang tegang, luruskan tangan dan tahan. Turunkan tangan sambil membuang nafas, saat melakukan senam, buka kaki hingga sepanggul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>