Cara Merawat Air Kolam Renang dan Membersihkan Kolam Renang

Beberapa rumah dilengkapi dengan fasilitas kolam renang hal ini untuk dijadikan sebagai tempat olahraga renang keluarga sekaligus menjadi wahana anak bermain air. Kolam untuk rumah biasanya disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan penghuni rumah, biasanya menyediakan kolam untuk anak yang masih kecil dan menyediakan kolam untuk orang dewasa yang lebih dalam. Kolam ini biasanya berbentuk persegi panjang dan ada juga yang sedikit berbentuk bundar. Sekarang ini sudah banyak sekali desain kolam yang dapat digunakan untuk rumah dengan desain minimalis dan desain-desain tersebut membuat tampilan rumah menyatu dengan konsep kolam.

 Cara Merawat Air Kolam Renang dan Membersihkan Kolam Renang

Saat selesai digunakan tentunya kolam harus dibersihkan, begitu juga dengan air kolam. Air kolam dirawat supaya tetap bersih dengan menggunakan beberapa bahan kimia. Ada banyak produk untuk perawatan air kolam tetapi pembedanya adalah bahan aktifnya. Berikut adalah bahan yang digunakan untuk merawat air kolam:

 

  • Klorin, untuk menjernihkan air, mengikat kotoran air sehingga air tetap bersih. Klorin ini biasanya dijual dalam bentuk tablet, cair atau butiran. Banyak yang menggunakan klorin tablet karena daya larutannya rendah dan lebih tahan lama. Saat memberi klorin sebaik pada sore hari untuk mempertahankan kadar klorin.
  • Cyanuric aci untuk menyeimbangkan pH dalam air sehingga klorin dapat berfungsi menjernihkan air dengan baik. Biasanya cyanuric acid sudah terkandung dalam tablet klorin tetapi jika belum maka dibeli secara terpisah.

 

Selain beberapa bahan diatas juga, dapat menggunakan algaecide yaitu bahan surfactant untuk mencegah adanya pertumbuhan lumut pada kolam renang. Diberikan sehari setelah shock treatment pada kolam. Merawat air kolam tentunya membuat penggunanya lebih nyaman dan lebih mudah saat dibersihkan karena tidak terdapat banyak lumut. Saat memberikan obat untuk perawatan air kolam ini pastikan menggunakannya sesuai dengan dosis yang tertera pada instruksi penggunaannya. Selalu cek kondisi air kolam supaya tahu dosis untuk obat perawatan air dan mencegah kulit iritasi dan mata dari kadar air dengan pH yang tinggi.

 

Berikut adalah cara membersihkan kolam diantaranya:

 

  • Pel lantai kolam untuk mencegah bakteri dan membersihkan lantai di sekeliling kola supaya terhindari dari lumut yang membuat lantai licin. Gunakan pembersih kerak air jika diperlukan.
  • Gunakan jaring untuk mengambil daun kering atau serangga dalam kolam, selalu bersihkan permukaan air dari dedaunan, serangga atau organik lainnya yang dapat memicu pertumbuhan bakteri air.

 

Selain hal diatas juga, gunakan alat pembersih dinding dan lantai kolam seperti alat penghisap bawah air untuk mengangkat kotoran yang ada pada dasar kolam dan lumut pada dinding. Selalu rutin membersihkan kolam renang dalam jangka sekali seminggu untuk tetap membuat kolam bersih dan jauh dari berbagai bakteri air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>