Cara Membeli dan Merawat Peralatan Olahraga yang Baik

Peralatan olahraga tidak akan lepas dari orang yang gemar berolahraga. Sebut saja hal dasar seperti sepatu dan pakaian olahraga. Selain keduanya, ternyata peralatan olahraga juga sangat penting lho untuk menunjang aktivitas olahragamu. Meski hal tersebut tidak bisa digunakan selamanya, tapi paling tidak dengan tahu cara membelinya serta bagaimana perawatannya, masa penggunaannya pun bisa maksimal.

Cara Membeli dan Merawat Peralatan Olahraga yang Baik

  • Tetapkan Tujuan Olahraga

Untuk bisa membeli peralatan olahraga, tetapkan dulu apa sebenarnya tujuan kita saat olahraga nanti. Misalnya dalam membeli alat treadmill, apa untuk rutinitas sehari-hari atau hanya untuk gaya-gayaan. Jika tujuannya adalah rutinitas sehari-hari dan berguna agar tubuh tetap sehat, pilih peralatan olahraga yang berkualitas. Mahal bukanlah masalah mengingat produk akan awet dan berkualitas mumpuni. Namun jika hanya untuk bergaya, lebih baik ke fitness center saja karena akan menghemat biaya.

  • Pertimbangkan Budget

Meski alat berkualitas pasti mahal, jangan lupakan budget. Tahan pembelian atau turunkan merk dan kualitasnya jika budget tidak mencukupi.

  • Kenali Merk yang Akan Dibeli

Tidak ada salahnya bertanya atau mencari lebih dahulu informasi tentang merk yang akan dibeli. Semakin banyak referensi yang bagus, semakin membuktikan merk tersebut berpengalaman dan berkualitas.

  • Coba Dulu Sebelum Sah Dibeli

Apapun merk dan jenis alat yang akan dibeli, sebaiknya coba terlebih dahulu. Nyaman atau tidak, easy user atau tidak, dan yang paling penting sesuai atau tidak dengan keinginanmu.

Setelah membeli, tentu peralatan tersebut dibutuhkan perawatan yang baik agar pemakaiannya awet dan tidak mudah rusak. Entah itu alat olahraga jenis dan merk apapun, jika tidak dirawat dengan benar pasti akan menimbulkan kerusakan. Berikut adalah cara merawat peralatan olahraga yang telah kamu beli :

  • Jaga Kebersihan

Meski debu tidak membuat cepat rusak, namun peralatan yang berdebu tentu tidak nyaman digunakan. Untuk itu, jaga kebersihan peralatan dengan membersihkannya setiap setelah digunakan dan secara berkala saat disimpan. Kamu bisa membersihkannya dengan lap khusus atau sekedar lap biasa. Apapun boleh asal hati-hati dan bersih.

  • Taruh di Tempat yang Aman

Jika peralatan kecil seperti bola, raket, atau tongkat bisbol, kamu bisa menyimpannya di wadah atau lemari kecil. Tapi tentu berbeda jika peralatannya berbentuk besar dan memakan tempat. Problem utama pemilik alat olahraga memang ada pada tempat. Kadang tempat untuk menaruhnya tidak ada hingga alat ditaruh di luar ruangan. Meski tidak terkena terik dan air hujan secara langsung, namun pantulan sinar dan percikan air yang mengenai alat bisa merusaknya lho. Maka taruhlah di tempat yang memang luas dan aman, seperti dalam ruangan.

Baca juga Berbagai Macam Peralatan Olahraga Golf

Semoga cara membeli dan merawat peralatan olahraga di atas dapat bermanfaat. Selamat berolahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>