Cabang Olahraga Atletik yang Paling Banyak Diminati

Untuk tetap menjaga kesehatan serta kesegaran tubuh masyarakat penting untuk melakukan olahraga. Di Indonesia sendiri banyak jenis olahraga yang dikenal dan mudah sekali untuk dilakukan salah satunya atletik. Dapat dikatakan olahraga atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak sekali jenisnya. Pada prakteknya seseorang membutuhkan beberapa teknik tepat supaya dapat melakukan olahraga dengan baik. Selain itu juga kekuatan kaki, kelenturan tubuh dan fisik serta ketrampilan yang mumpuni juga dibutuhkan.

Dari banyaknya olahraga cabang atletik, berikut ini ada beberapa yang paling populer dan banyak sekali diminati oleh masyarakat antaranya:

Baca juga: 4 Tahapan Posisi dalam Olahraga Lompat Tinggi

  • Lari jarak jauh.

Lari merupakan salah satu dari banyaknya cabang olahraga jenis atletik yang paling sederhana tetapi banyak orang yang meminatinya. Belakangan ini olahraga lari menjadi primadona dikalangan anak muda baik perempuan ataupun laki-laki khususnya marathon. Untuk melakukannya Anda tidak memerlukan biaya yang mahal tetapi kesehatan dan kebugaran akan Anda dapatkan.

  • Lari jarak pendek.

Selain dari lari jarak jauh ternyata jarak pendek juga masih banyak orang yang melakukannya, umumnya jarak berkisar dari mulai 100 meter sampai dengan 400 meter. Untuk olahraga ini bersifat objektif dinilai dari paling cepat pelari sampai dengan pada titik finish yang telah ditentukan.

  • Jalan cepat.

Kemudian ada jenis olahraga populer selanjutnya yaitu jalan cepat, eksistensinya semakin melejit ketika atlet Indonesia cabang olahraga atletik ini mampu mendulang beberapa prestasi dalam perlombaan tingkat internasional tahun ini.

  • Lari estafet.

Masih dalam jenis olahraga lari yang tidak kalah banyak peminatnya dari jenis lari sebelumnya. Yang membedakan disini adalah cara melakukan yaitu secara berkelompok atau tim, umumnya satu tim terdiri dari 4 pelari. Kekompakan dan juga kecepatan menjadi kunci keberhasilan dalam jenis olahraga satu ini.

  • Tolak peluru.

Dalam cabang olahraga ini memerlukan kekuatan tangan dan juga konsentrasi yang tinggi. Karena dalam melakukan ini Anda perlu untuk mendorong peluru yang menyerupai bola besi dan mempunyai berat tertentu pada jarak terjauh. Untuk penilaiannya dilihat dari seberapa jauh tolakan peluru tersebut bisa dihasilkan.

  • Lompat jauh.

Olahraga yang membutuhkan kekuatan kaki dan juga lompatan yang baik ini ternyata mampu menjadi salah satu cabang terfavorit. Lompat jauh dikatakan berhasil jika bisa melompat pada garis yang sudah ditentukan sebelumnya.

Jika ditarik kesimpulan memang atletik merupakan kumpulan olahraga yang dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori seperti yang telah disebutkan diatas. Untuk menjadi seorang atlet olahraga cabang atletik yang terbaik tentunya memerlukan teknik-teknik dasar sendiri. Anda tidak mungkin bisa melakukan olahraga atletik dengan sempurna tanpa adanya latihan dan juga ketrampilan dasar yang dimiliki sebelumnya. Makanya tidak heran jika dalam olahraga ini sering dijadikan sebagai cabang olahraga dalam berbagai perlombaan baik tingkat nasional maupun internasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>