Bola Sepak Terbaik Sepanjang Masa Di Dunia

Bola sepak — Sepakbola sudah menjadi olahraga yang sangat fenomenal sampai saat ini di dunia. Tak heran, kalau pertandingan sepakbola selalu dipadati oleh para penonton. Di samping sepakbola terkenal karena banyak pemain-pemain top dunia yang dikagumi oleh fans, ada juga beberapa sejarah yang patut Anda ketahui mengenai perkembangan bola.

Ya bola dari masa ke masa selalu mengalami perubahan,di setiap ajang piala dunia bola sepak selalu menjadi maskot sebuah negara dan menjadi daya tarik tersendiri. Berikut ini adalah bola sepak terbaik sepanjang masa di dunia.

Baca juga: INFORMASI HARGA PERALATAN OLAHRAGA TERBARU 2017

  • Super Duplo T (1950)

Inilah bola paling dikenal sepanjang masa. Bola Super Duplo T  dibuat pada tahun 1950 adalah bola yang pertama dengan ikatan dan gelembung seperti bola modern dengan katup. Seperti pada tahun 1930, bola Super Duplo T  memiliki 12 panel dan membuat Brasil jatuh ke dalam keputusasaan yang mendalam ketika bola ini meroket ke atap gawang, sehingga Uruguay mengalahkan Brasil di kandang sendiri.

  • Mitre Ultimax (1998)

Ini merupakan bola pertama yang mencatat kecepatan melebihi 160 km/jam. Pihak manufaktur menyebutnya sebagai ‘bola tercepat dan paling akurat di dunia’ dan akhirnya bola ini dimanfaatkan oleh Liga Primer Inggris pada akhir 1990-an. Inilah bola serat mikro yang orisinil.

  • Adidas Telstar (1970)

Inilah bola resmi Piala Dunia yang ditetapkan untuk pertama kalinya oleh FIFA. Telstar menjadi senjata paling ampuh buat para pemain Brasil 1970. Bola ini terdiri dari 32 panel yang dijahit dengan tangan (12 pentagon hitam dan 20 heksagon putih). Paduan warna sangat cocok ketika menyaksikan turnamen melalui televisi hitam-putih. Nama Telstar sendiri adalah singkatan dari star of television (bintang televisi). Selain itu, Telstar merupakan bola paling bundar pada zamannya dan telah dikenang bersamaan dengan jersey emas Samba yang dikenakan Pele, Jairzinho dan lain-lain. Saking bagusnya, bola ini kembali berputar untuk Piala Dunia 1974.

  • Mitre Delta 1000 (1986)

Sebelum Liga Primer Inggris bergulir dan sebelum stasiun televisi Sky berdiri, inilah bola pilihan para pemain Divisi Satu Inggris. Dikeluarkan oleh Mitre pada tahun 1986, Delta 1000 dipakai di Inggris sebelum sepakbola kembali menjadi seksi di era 1990-an. Desainnya sangat sederhana dengan corak hitam-putih.

  • Adidas Tango Espana (1982)

Bola sepak ini tak tertandingi hingga sekarang. Di Piala Dunia 1982 Spanyol, semua penggemar dan pemain sepakbola berjibaku untuk mendapatkan bola ini. Adidas Tango diperkenalkan pada Piala Dunia 1978, tapi larisnya empat tahun sesudahnya ketika Zico dan Socrates menggiring bola ini di Spanyol. Ada yang punya? Beruntung dan berbahagialah orang-orang yang masih menyimpan bola ini. Tango merupakan bola pertama dengan kualitas tahan air, tapi karena konstruksinya yang halus, bola ini kerap digantikan saat pertandingan berlangsung. Tango Espana adalah bola kulit asli terakhir yang digunakan di kancah Piala Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>