Berita Olahraga: Tips Meminimalisir Cidera saat Olahraga

Setiap orang ingin tetap sehat sehingga dapat melakukan beragam aktivitas. Untuk menjaga kesehatan tersebut maka Anda harus makan makanan yang bergizi, hidup teratur, istirahat cukup, tidak merokok dan minum minuman keras dan berolahraga. Terkadang, karena ingin sehat apalagi banyak sumber menyebutkan berita olahraga yang bagus untuk kesehatan, banyak orang yang berolahraga secara berlebihan misalnya ingin membesarkan otot lengan sehingga mengakibatkan cidera. Untuk menghindari cidera dan Anda tetap sehat, ada tips olahraga untuk Anda.

Berita Olahraga Tips Meminimalisir Cidera saat Olahraga

Tips pertama adalah melakukan pemanasan di awal sebelum olahraga dan pendinginan setelah olahraga. Pemanasan berfungsi untuk menyiapkan tubuh dan meningkatkan denyut jantung secara perlahan serat membantu untuk mengendurkan otot dan sendi secara bertahap sehingga mengurangi resiko cidera seperti cidera tendon. Pemanasan ideal dilakukan sekitar 5-10 seperti lari di tempat, jumping jack atau squad untuk latihan kardio ringan. Sedangkan pendinginan membantu menurunkan denyut jantung ke normal dan dilakukan 5-10 menit setelah olahraga.

Kedua adalah dengan melakukan peregangan yang dilakukan sebelum dan setelah tahap pemanasan dan pendinginan untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Bagian-bagian yang harus diberi peregangan diantaranya yaitu otot leher, lengan, tangan, pundak, betis, kaki, lutut dan paha. Ketiga adalah dengan melakukan perlahan dan tidak memaksakan diri. Tips dalam berita olahraga ini harus melakukannya secara bertahap apalagi saat Anda sudah merasakan nyeri baik di sendi atau otot karena nyeri dapat menjadi tanpa cidera. Bila nyeri, istirahatlah 1 hari sebelum berolahraga kembali.

Keempat adalah lakukan variasi olahraga karena melakukan olahraga terlalu sering untuk gerakan yang sama dapat meningkatkan resiko cidera otot dan peradangan tendon. Misalnya melakukan lari di hari pertama, senam di hari kedua, berenang di hari ketiga sehingga selain resiko cidera menurun, Anda juga dapat memaksimalkan pelatihan di beragam bagian tubuh.

Baca juga: Berita Olahraga Hari Ini yang Wajib Anda Tahu

Tips olahraga yang lainnya dalam berita olahraga agar Anda tetap sehat dan mengurangi resiko cidera yaitu:

  • Ketahui kelebihan dan kelemahan bagian tubuh Anda. Misalnya jika Anda mengalami cidera di bagian otot tangan, lakukan olahraga secara bertahap dan perlahan sehingga otot tidak semakin parah dan kekuatan otot dapat pulih secara perlahan.
  • Jangan lupa untuk makan dan banyak minum air putih. Makanan yang paling bagus sebelum olahraga adalah pisang karena mengandung karbohidrat dan protein yang bagus untuk tubuh. Sedangkan air putih membantu Anda untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.
  • Gunakan pakaian dan sepatu yang tepat yang memungkinkan Anda untuk tetap dapat bebas bergerak.
  • Untuk olahraga membentuk tubuh atau bagian tertentu misalnya bagian perut dan dilakukan di gym, sebaiknya sewa pelatih untuk olahraga yang aman dan benar terutama jika Anda baru saja sembuh dari cidera.
  • Ambil istirahat 1-2 hari setiap minggunya untuk membiarkan tubuh kembali pulih dan menurunkan resiko cidera.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>