Berbahaya! Jangan Pakai Sepatu Lari yang Sesuai Ukuran Kaki Anda!

Sepatu menjadi salah satu barang yang penting bagi banyak orang. Nampaknya hal ini juga berlaku bagi orang-orang yang menggemari olahraga lari. Umumnya, para pelari akan mengenakan sepatu lari yang berkualitas dan dari merk ternama. Memakai sepatu khusus lari yang memiliki kualitas tinggi memang sah-sah saja. Namun tahukah Anda, sepatu yang berkualitas dan dari merk ternama bukan satu-satunya faktor kenyamanan kaki saat melakukan aktifitas lari.

Setidaknya saat hendak melakukan aktifitas lari, Anda harus bisa mempertimbangkan beberapa faktor kenyamanan dari segi sepatu yang dipakai. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi kenyamanan saat lari:

  • Tipe sepatu yang dipakai. Ada banyak jenis sepatu yang bisa didapat dengan mudah. Akan tetapi tidak semua jenis sepatu bisa digunakan untuk aktifitas lari. Sepatu yang cocok untuk lari ialah sepatu khusus olahraga.
  • Ukuran sepatu yang digunakan saat lari. Saat lari, sepatu yang digunakan tidak boleh sama dengan ukuran kaki si pelari. Ukuran sepatu yang pas untuk aktifitas olahraga lari ialah setengah lebih besar dari ukuran kaki atau sepatu yang sering dipakai untuk aktifitas lain.

Bila beberapa faktor di atas tidak diperhatikan dengan baik, kemungkinan hal buruk akan terjadi pada kaki Anda. Untuk itu, seseorang perlu mencari tahu penyebab dan mencegah cedera tak terulang lagi. Sayangnya tidak semua orang mau mengerti penyebab terjadinya cedera pada kaki. Kebanyakan orang akan lebih memperhatikan pengobatan ketimbang mencari faktor penyebab dan cara pencegahan. Sayang sekali bila hal ini terjadi pada kaki mulus Anda. Lantas apa saja akibat dari tidak memperhatikan faktor-faktor di atas?

Agar lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan mengenai akibat aktifitas lari tanpa memperhatikan beberapa faktor keamanan dan kenyamanan terutama dari segi sepatu lari yang dipakai:

  • Jari-jari kaki terasa nyeri. Tak banyak yang tahu pada saat melakukan aktifitas lari, kaki akan menjadi lebih besar atau mengembang. Bila sudah seperti ini otomatis sepatu akan menjadi lebih sesak dan kemudian jari kaki akan menekuk ke bagian bawah. Hal inilah yang menyebabkan jari terasa nyeri.
  • Kaki menjadi lecet. Bila jenis sepatu yang dipakai tidak sesuai dengan aktifitas lari kemungkinan terburuknya adalah kaki menjadi lecet terutama pada sela-sela jari kaki.
  • Kaki menjadi mati rasa. Efek paling parah ini bisa terjadi jika Anda terus menerus mengabaikan keamanan dan kenyamanan saat berolahraga lari.

Dari sejumlah dampak buruk yang sudah disebutkan di atas, Anda sebaiknya berpikir ulang untuk mengenakan sepatu khusus lari yang mempunyai ukuran sama dengan ukuran kaki. Hal ini tentu saja akan menyusahkan Anda ketika memulai aktifitas lari. Terlebih lagi Anda belum terbiasa dengan ukuran sepatu yang lebih besar dari ukuran biasanya. Akan tetapi demi kebaikan dan kesehatan kaki Anda, melakukan kebiasaan baik merupakan alternatif yang bisa dicoba.

Selain mengganti sepatu dengan ukuran yang lebih besar, ada beberapa alternatif lain yang bisa Anda coba. Berikut penjelasannya:

  • Berlari tanpa menggunakan sepatu. Untuk melakukan ini, Anda harus memilih tempat lari yang pas misalnya stadion. Jangan sekali-kali melakukan aktifitas lari di jalanan yang panas tanpa menggunakan sepatu.

Pilih sepatu lari yang memiliki karakteristik berbeda dari sepatu biasanya. Maksudnya ialah agar jari tidak menekuk ke bagian bawah sebaiknya pilih sepatu yang memiliki rongga pada bagian depan. Rongga ini berfungsi sebagai bantalan jari agar bisa bernafas dan tidak panas. Dengan begitu tingkat cidera pada kaki dapat dihilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>