Berbagai Model Sepatu Lari Dan Tips Pemilihannya

Berolah raga sekarang sangat mudah kita lakukan dimanapun dan kapan pun berada. Tergantung kita bagaimana memanfaatkan waktu itu. Sekarang lari contohnya, ini bisa dilakukan disela- sela mau berangkat kerja. Dan sekarang pun aparel sepatu lari pun berlomba- lomba memberikan tampilan dan kenyamanan bagi para pecinta olahraga lari ini khusus nya. Nah, sebelum kita mengenal atau belajar cara memilih  sepatu lari baiknya memahami  medan yang seperti apa yang akan kita gunakan.

Berbagai Model Sepatu Lari Dan Tips Pemilihannya

Model sepatu road running shoes, sepatu ini biasanya digunakan di medan jalan raya. Model sepatu ini yan palin umum digunakan bagi para pecinta lari. Adapun ciri ciri yan umum yan dimiliki sepatu jalan raya ini biasanya ringan, fleksibel, mampu meredam benturan, dan memberikan bantalan selama berlari dipermukaan keras.

Model sepatu lari lintas alam, model sepatu lari ini biasanya disebut trail running shoes. Sepatu jenis ini memiliki ciri sol anti slip dan bahan yang khusus supaya memberikan rasa nyaman, tetap stabil dan kaki mendapat perlindungan selama berlari. Sepatu ini biasanya digunakan para pelari di medan atau permukan berlumpur, berbatu, atau yang memiliki rintngan yang cukup tingi, dan biasanya digunakan oleh para pecinta alam.

Model sepatu cross-training, model sepatu ini yang umum digunakan didalam ruangan atau biasa di gunakan saat gym. Biasanya sepatu ini soll dan bantalannya memang sengaja dibuat agak tebal, agar pelari tetap terjaga keseimbangan.

Tips  Memilih Sepatu Lari Yang Benar

Setelah belajar atau mengetahui medan mana yang akan kita gunakan, baiknya juga memahami cara memilih sepatu lari yang benar. Disini ada beberapa  tips untuk memilih sepatu running yang benar:

  1. Pilih sepatu lari yang memiliki bantalan yang empuk, banyak manfaat kenapa kita memilih sepatu yang bantalannya empuk yang utama memberikan kenyamanan pada kaki kita saat berlari di medan apapun dan selama jarak yang kita tempuh.
  2. Pertimbangan berat badan. Bagi yang memiliki berat badan berlebihan pastikan anda memilih sepatu yang agak tebal permukaannya dibanding dengan yang memiliki berat badan normal, supaya meredam benturannatau gesakan antara kaki dan permukan sepatu.
  3. Kelenturan sepatu, hal ini yang wajib diteliti sebelum membeli sepatu lari, adapun cara mengeceknya cukup simpel, priksa bagian kaki yang menekuk pada saat kita berlari atau gunakan pada posisi jinjit. Apabila kita merasa tidak nyaman makan jangan dibeli sepatu tersebut meskipun sesuai dengan yang kita harapkan.
  4. Sesuaikan dengan bentuk kaki.  Bentuk kaki manusia ada yang berciri over pronation, under pronation, dan normal pronation.pastikan yang sesui dengan model kaki kita .
  5. Sesuaikan medan yang akan kita gunakan sesuai kebutuhan, seperti di atas.

Baca juga artikel menarik lainnya di tipsolahraga.com

Demikian sedikit ulasan tentang sepatu lari, semoga bermanfaat. Dan pastikan kenyamanan yang kita dapat disaat membelisepatu lari baru dan kita sesuikan medan yang akan kita tempun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>