Berbagai Jenis Olahraga Beladiri di Dunia

Ada berbagai jenis olahraga beladiri di dunia ini yang bisa dipelajari, ada yang dari Indonesia, namun tak sedikit yang berasal dari luar negeri. Berikut ini adalah beragam olahraga beladiri yang bisa menjadi pilihan untuk dipelajari:

  1. Pencak Silat

Pencak silat merupakan beladiri asli Nusantara. Ketika mempelajari serta melakukan beladiri ini, tak hanya diperlukan kekuatan, namun juga konsentrasi tinggi. Dalam ilmu beladiri ini juga dipengaruhi beragam budaya, seperti Cina, Hindu, Budha, serta Islam. Mulanya, di Indonesia sendiri, pencak silat memiliki banyak aliran dengan berbagai nama, namun sejak tahun 1948, namanya pun diseragamkan dengan sebutan pencak silat yang mana tak hanya mengedepankan beladiri, namun juga seni dalam setiap keindahan gerakannya.

  1. Karate

Karate adalah beladiri dari negeri sakura, Jepang. Menurut World Karatedo Feredation atau Federasi Karate Dunia, ada empat gaya karate utama, yaitu Gojo-Ryu, Shotokan, Wado-Ryu, dan Goju-Ryu.

Di Jepang sendiri, organisasi yang menaungi olahraga beladiri karate ini ialah JKF (Japan Karatedo Federation). Fungsi utama dari adanya federasi ini adalah untuk meneguhkan bahwa karate merupakan olahraga yang sifatnya ‘tanpa kontak langsung’.  

  1. Aikido

Aikido pada umumnya tidak memakai tendangan kaki, meski sebenarnya juga diajarkan. Ketika berlatih Aikido biasa lebih diutamakan keadaan badan rileks serta kendur. Rileks di sini bukan lembek, melainkan terpusat serta terkontrol. Oleh karena itu, ketika belajar Aikido haruslah dibiasakan kondisi badan selalu rileks, dengan begitu suasana psikologi juga akan terpengaruh menjadi lebih positif.

  1. Taekwondo

Taekwondo merupakan jenis olahraga beladiri yang berasal dari negara Korea. Taekwondo sendiri berasal dari kata Tae ‘menendang dengan kaki’, Kwon ‘tinju’, Do ‘jalan atau seni’. Sehingga apabila diterjemahkan taekwondo memiliki arti seni tangan dan kaki. Seperti halnya beladiri lain, taekwondo tak hanya terdiri dari teknik berkelahi saja, namun juga teknik olahraga, olahtubuh, bahkan filsafat.

  1. Kungfu

Apabila sering menonton film-film mandarin, tentunya tak asing dengan beladiri kungfu yang banyak dilakukan para biksu di shaolin. Awalnya beladiri ini dibawa oleh seorang pendeta Budha dari India ke Tiongkok. Hingga akhirnya beladiri ini terus berkembang hingga saat ini.

  1. Ninjutsu

Bagi yang gemar menonton film berkisah tentang kehidupan nija jepang, tentunya tak asing dengan beladiri Ninjutsu. Beladiri ini merupakan perpaduan dari beladiri, strategi, serta taktik perang.

  1. Wushu

Wushu merupakan beladiri asal China. Jika diterjemahkan secara harfiah memiliki arti seni bertempur atau seni beladiri. Wushu yang dikembangan oleh para etnis China di wilayah Asia Tenggara sering juga disebut Kuntao.

Itulah beragam jenis olaharaga beladiri di dunia yang bisa dipelajari, namun yang perlu diingat, tujuan olahraga ini adalah untuk melatih tubuh dan membela diri, bukan untuk menindas atau menyakiti orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *