Benarkah Olahraga Malam Akan Mengganggu Tidur?

Agar menjaga kesehatan, olahraga yang dilakukan di malam hari memang dapat menjadi pilihan untuk sebagian orang yang sukar bangun pagi atau kurang aktif di malam hari. Walaupun terdapat anggapan jika kegiatan fisik yang dilakukan secara berlebihan di malam hari akan menganggu tidur kita. Tetapi hal ini tidak perlu di cemaskan jika sudah disiapkan dengan baik. menurut riset, seseorang yang melakukan olahraga pagi cenderung konsisten berolahraga dengan baik, namun suhu di pagi hari membuat tubuh harus lebih lama melakukan pemanasan. Lantas, bagaimana dengan olahraga malam?

Entah memilih olahraga saat malam hari atau pagi hari, kita harus mengetahui ritme sirkardian dari tubuh. ritme ini adalah jam biologis tubuh yang memiliki dampak pada fungsi tubuh contohnya seperti kadar hormon, tekanan darah hingga suhu tubuh. seluruh fungsi ini bisa berperan menyiapkan tubuh untuk melakukan olahraga. Jenis ritme dari sirkardian tidak bisa dirubah serta akan menentukan apakah orang yang bersemangat melakukan olahraga saat malam hari akan bisa bangun pagi.

Kebanyakan, orang menganggap jika olahraga malam memiliki pengaruh buruk pada waktu tidur. Hal ini dikarenakan olahraga bisa meningkatkan suhu tubuh, mendorong sistem tubuh melepaskan adrenalin dan meningkatkan suhu tubuh. efek melakukan olahraga menjelang tidur dinilai membuat seseorang akan terjaga sepanjang malam. Nyatanya, berdasarkan penelitian, ditemukan jika orang yang melakukan olahraga dalam waktu apapun tetap membuat tidur menjadi nyaman di hari tersebut dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali.

Bila Anda merasa memiliki energi di malam hari, olahraga di malam hari ini dapat menjadi pilihan yang tepat sebelum tidur, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Mengkonsumsi cairan yang banyak selama, sebelum dan setelah melakukan olahraga di malam hari,
  • Makan malam di waktu yang tepat. Jika Anda sudah berniat melakukan olahraga, lebih baik hindari makan dalam porsi yang besar, waktu melakukan olahraga yang tepat ialah 2 hingga 3 jam sesudah makan malam. Makan malam dengan baik serta lebih awal, atau menunggu sampai selesai melakukan olahraga,
  • Mengkonsumsi makanan dengan tepat. Apa yang dimakan sebelum serta setelah melakukan olahraga mempunyai dampak besar untuk hasil yang diharapkan sesudah melakukan olahraga. Usahakan sebelum makan malam mengkonsumsi roti. Tubuh membutuhkan makanan yang bergizi dan padat sesudah olahraga.

Anda bisa rutin melakukan olahraga malam dengan kondisi apapun. Melakukan olahraga di malam hari pada dasarnya jauh lebih baik dibandingkan dengan tidak berolahraga, tidak perlu memikirkan waktu yang Anda pilih entah pagi atau malam. Efeknya pada dasarnya menyehatkan. Dalam hal ini, olahraga akan menjadi pilihan yang tepat jika Anda melakukannya setelah pulang bekerja. Lakukan olahraga dengan konsisten agar kesehatan tubuh bisa terus terjaga dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>