Beberapa Manfaat Olahraga Futsal

Futsal merupakan olahraga dalam ruangan yang sering disebut sebagai sepakbola mini. Secara ukuran, luas lapangan futsal memang jauh lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepakbola. Jumlah pemain dalam permainan futsal pun lebih sedikit, yaitu hanya mempertandingkan lima pemain melawan lima pemain. Olahraga futsal sering disebut sebagai olahraga yang sangat taktis sebab para pemain diharuskan agar selalu mencari ruang dan melakukan pergerakan yang efektif untuk menyiasati luas lapangan yang tidak terlalu besar. Para pemain futsal juga diharuskan selalu menguasai bola dalam waktu yang relatif lama, sebab semakin lama menguasai bola dalam permainan futsal, maka kesempatan untuk mencetak gol akan semakin besar. Olahraga futsal memiliki banyak manfaat, baik secara fisik maupun psikis. Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga futsal yang perlu Anda ketahui.

Mempertajam Insting

Futsal adalah permainan yang mengandalkan pergerakan. Setiap pemain harus bergerak mencari ruang kosong untuk menerima bola dari rekannya. Pemain yang terus bergerak dinamis bahkan seringkali mengabaikan posisi membuat seorang pemain, terutama yang sedang membawa bola harus mampu membaca permainan, ke mana bola harus diarahkan, membaca ke mana kawan akan bergerak. Diperlukan insting yang tajam untuk membaca permainan yang cenderung dinamis atau tidak statis. Jika terbiasa bermain futsal maka pemain akan semakin peka dan instingnya akan semakin terasah, terutama ketika membaca pergerakan pemain lain dan menebak arah bola. Tidak hanya membaca gerak pemain dan arah bola, pemain futsal juga harus pandai membaca peluang mendetak gol. Maka jangan heran jika banyak sekali gol dalam pertandingan futsal yang terjadi melalui proses yang tidak terduga dan sangat cepat. Hal tersebut terjadi karena ketajaman insting para pemain di atas lapangan.

Melatih Mobilitas

Sebagaimana dijelaskan di atas, pemain futsal diharuskan bergerak dinamis, bahkan pemain futsal dilarang keras berjalan kaki karena akan menghambat pergerakan bola yang sedang dimainkan oleh rekannya. Pemain futsal yang dipaksa terus bergerak mencari ruang tentu akan membuat para pemain akan dilatih untuk memiliki mobilitas yang tinggi. Fisik pemain futsal akan selalu ditempa agar fisiknya mendukung. Manfaat olahraga futsal secara rutin adalah pemain akan ditempa untuk lebih mobile. Hal ini akan sangat berpengaruh pada fisik dan daya tahan si pemain.

Melatih Kerjasama

Dalam olahraga futsal yang satu timnya hanya terdiri lima pemain dan satu di antaranya adalah penjaga gawang, kerja sama tim sangatlah dibutuhkan. Paermainan futsal cenderung berjalan sangat rapat dan marking-marking yang ketat. Tanpa adanya kerja sama tim, menembus pertahanan lawan akan sangat sulit dilakukan. Bentuk kerja sama antar pemain futsal bukan hanya memberi umpan, namun membuka ruang dan menutup pergerakan lawan sehingga pemain yang membawa bola akan lebih leluasa dan nyaman.

Itulah beberapa manfaat olahraga futsal. Bermain futsal setidaknya selama seminggu dua kali akan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dapat melatih kepekaan sehingga insting seseorang akan lebih tajam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *