Beberapa Jenis Olahraga Atletik Cabang Lari

Olahraga atletik merupakan jenis olahraga yang mempunyai banyak peminat. Dimana ada banyak keuntungan yang ditawarkan dari olahraga ini, seperti dapat menyehatkan badan, membuat tubuh ideal dengan membakar lemak lebih baik, dan juga gratis untuk dilakukan. Ada banyak sekali jenis olahraga yang ada, seperti misalnya olahraga lari. Selain lari biasanya yang dikenal juga ada beberapa cabang olahraga lari lainnya yang mempunyai peraturan tertentu. Misalnya beberapa cabang olahraga cabang lari yang termasuk dalam kelompok atletik adalah sebagai berikut ini:

Beberapa Jenis Olahraga Atletik Cabang Lari

Olahraga lari jarak pendek

Sprint merupakan olahraga lari pertama yang populer dan mempunyai beberapa pilihan jarak yang ada. Untuk olahraga lari jarak pendek ini biasanya akan mengambil jarak sekitar 50 hingga 400 meter dan akan diambil pemenang yang dapat mencapai garis finish pertama kali. Jenis ini sendiri mempunyai tahap yang ada yaitu driver yang merupakan percepatan tahap dan juga fase reaksi. Selain itu ada juga fase transisi yang dapat untuk dilakukan untuk mendapatkan kecepatan yang maksimum hingga mencapai garis akhir. Untuk jenis cabang yang satu ini menggunakan tiga pilihan start yaitu start berdiri, start melayang, dan juga start jongkok.

Olahraga lari jarak jauh

Ada olahraga jarak pendek, jarak menengah, dan juga ada yang cabang olahraga atletik lari jarak jauh. Jenis olahraga lari yang satu ini juga dikenal sebagai lari marathon karena mempunyai jarak yang jauh dari jenis olahraga lainnya. Jarak yang akan ditempuh hingga finish adalah 3000 meter dan yang pertama melewati garis finis merupakan pemenang dari lari marathon ini. Untuk memenangkan dan melakukan lari jarak jauh biasanya harus dipersiapkan jauh-jauh hari baik dari stamina dan juga fisiknya agar kuat hingga akhir.

Baca Juga : Ini Dia Beberapa Jenis Sepatu Olahraga Lari yang Tepat dan Nyaman untuk Anda Kenakan

Olahraga lari estafet

Olahraga lari selanjutnya yang akan dimainkan secara beregu adalah lari estafet. Lari ini menggunakan kekuatan tim yang setiap tim mempunyai 4 anggota sehingga akan bekerjasama menjadi yang paling cepat hingga garis finish. Untuk jenis lari estafet ini harus menggunakan tongkat estafet dan mengoperkan tongkat tersebut dari satu pelari ke pelari lainnya. Jarak dari lari estafet ini biasanya sekitar 400 meter, sehingga setiap pelari harus menempuh jarak 100 meter dan menjadi yang tercepat

Olahraga lari halang rintang

Dan jenis olahraga atletik untuk cabang lari selanjutnya adalah lari halang rintang. Olahraga ini akan berbeda dengan lari lainnya karena harus melewati rintangan. Untuk jenis olahraga yang satu ini sendiri mempunyai jarak 3000 meter yang harus ditempuh. Dan di dalam perjalanannya harus melewati rintangan seperti misalnya water jump dan juga rintangan gawang. Pemenangnya adalah yang berhasil mencapai garis finish pertama kali dan berhasil melewati semua rintangan dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>